10 Kota Hilang di Dunia dan Belum Ditemukan, Nomor 6 Paling Dicari
Kota hilang adalah sebuah pemukiman yang mengalami penurunan penduduk yang drastis dan menjadi tak didiami secara keseluruhan, yang membuat tempat tersebut menjadi tak lagi diketahui dunia luar. Lokasi sebagian besar kota hilang telah dilupakan, namun beberapa ditemukan kembali dan giat dikaji oleh para ilmuwan. Kota-kota yang ditinggalkan atau kota-kota yang lokasinya tak pernah dipertanyakan disebut sebagai reruntuhan atau kota hantu. Pencarian kota-kota hilang semacam itu oleh para penjelajah dan petualang Eropa di Afrika, Amerika dan Asia Tenggara semenjak abad ke-15 kemudian berujung pada perkembangan arkeologi. Berikut adalah 10 kota hilang yang paling dicari di dunia dan belum ditemukan hingga saat ini.

Kota Hilang Atlantis yang Legendaris

Kota Hilang: Atlantis
Kota hilang Atlantis yang masih belum ditemukan hingga saat ini.
Gagasan tentang Atlantis yakni kota hilang di masa lalu terus menjadi misteri yang belum terpecahkan. Banyak peneliti menyebut Atlantis kini ada di berbagai tempat, namun belum bisa dibuktikan pasti. Atlantis kerap diceritakan sebagai masyarakat utopis maju yang memegang kebijaksanaan yang dapat membawa perdamaian dunia. Ribuan buku, majalah, dan situs web dikhususkan untuk meneliti dan mengenalkan Atlantis. Bahkan beberapa orang telah kehilangan kekayaan dan dalam beberapa kasus kehilangan nyawa karena mencari Atlantis. Kota hilang Atlantis, Atalantis, atau Atlantika adalah pulau legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam buku Timaeus dan Kritias. Atlantis digambarkan Plato sebagai peradaban maju dengan kekuatan laut yang tangguh. Atlantis dikatakan telah menaklukkan sebagian besar wilayah Eropa sebelum tenggelam ke laut. Menurut mitos tradisional, kota ini tenggelam karena murka para dewa atas kelakuan para penghuni kota ini. Tapi, menurut penelitian ilmiah, kota ini mungkin tenggelam karena gejala geologis. Dalam catatannya, Plato menulis bahwa Atlantis terhampar "di seberang pilar-pilar Herkules", dan memiliki angkatan laut yang dapat menaklukkan Eropa Barat dan Afrika 3.500 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 1.500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra "hanya dalam waktu satu hari satu malam". Atlantis umumnya dianggap sebagai mitos yang dibuat oleh Plato untuk mengilustrasikan teori politik. Meskipun fungsi cerita Atlantis terlihat jelas oleh kebanyakan ahli, mereka memperdebatkan apakah dan seberapa banyak catatan Plato diilhami oleh tradisi yang lebih tua. Beberapa ahli mengatakan bahwa Plato menggambarkan kejadian yang telah berlalu, seperti letusan Thera atau perang Troya, sementara lainnya menyatakan bahwa ia terinspirasi dari peristiwa kontemporer seperti hancurnya Helike tahun 373 SM atau gagalnya invasi Athena ke Sisilia tahun 415-413 SM. Masyarakat sering membicarakan keberadaan Atlantis selama Era Klasik, tetapi umumnya tidak memercayainya dan kadang-kadang menjadikannya sebagai bahan lelucon. Kisah Atlantis kurang diketahui pada Abad Pertengahan, tetapi, pada era modern, cerita mengenai Atlantis ditemukan kembali. Deskripsi Plato menginspirasikan karya-karya penulis zaman Renaissance, seperti "New Atlantis" karya Francis Bacon. Atlantis juga memengaruhi literatur modern, dari fiksi ilmiah hingga buku komik dan film. Namanya telah menjadi pameo untuk semua peradaban prasejarah yang maju (dan hilang).

The City of Caesars

Kota Hilang: Patagonia
Kota hilang Patagonia yang dikisahkan dipimpin oleh raja yang perkasa
Patagonia adalah wilayah geografis yang terdiri dari bagian paling selatan Amerika Selatan. Patagonia terletak di Argentina dan Chili. Nama Patagonia berasal dari kata patagón yang digunakan oleh Magellan untuk mendeskripsikan penduduk asli yang diduga oleh ekspedisinya sebagai raksasa. Kini dipercaya bahwa Patagon adalah suku Tehuelche dengan rata-rata tinggi 1.80 m dibandingkan dengan rata-rata tinggi orang Spanyol saat itu, 1.55 m. Kota hilang yang dikenal dengan The City of Caesars juga dikenal sebagai Kota Berkelana dan Kota Patagonia. Kota mitos yang diyakini terletak di ujung Selatan Amerika Selatan ini belum pernah ditemukan, dan pada saat ini dianggap legenda. Kota ini tidak pernah ditemukan, dan pada titik ini dianggap lebih dari pada legenda apa pun, menurut penjelajah kolonial mengatakan kota itu didirikan oleh korban yang selamat dari sebuah kapal karam Spanyol, dan diyakini memiliki sejumlah besar emas dan perhiasan. Seiring dengan waktu, sejumlah legenda telah terbentuk di sekitar Kota dari Caesars, dengan mengatakan bahwa itu dihuni oleh 10-kaki raksasa tinggi, dan ada mitos kota hantu yang bisa muncul dan menghilang sesuka hati.

Troy

Kota Hilang: Troy
Kota hilang Troy yang saat ini haya menyisakan puing-puing saja
Kota hilang Troy adalah kota hilang legendaris yang terletak di Turki modern. Troy sudah lama dianggap oleh banyak orang sebagai mitos biasa, sampai akhirnya digali pada tahun 1870-an dan ditemukan banyak reruntuhan bangunan yang dianggap sebagai arsitektur modern di zamannya. Troy terkenal dlm puisi-puisi epik Homer. Dikenal sebagai situs dari Perang Troya, Troy kuno adalah kota-benteng yang kuat yang berdiri di atas bukit dekat sungai Scamander. Lokasi pantai yang memungkinkannya untuk menjadi pusat kekuatan angkatan laut, dan dataran dekatnya disediakan lahan untuk pertanian baik. Kota ini pertama kali digali di tahun 1870-an oleh Heinrich Schliemann, yang kemudian berhasil menemukan berbagai kota di situs, yang selama bertahun-tahun telah dibangun di atas satu sama lain. Meskipun pernah menjadi saksi kekuasaan yang luar biasa, sayangnya beberapa artefak situs banyak yang menghilang, hasil dari bertahun-tahun menggali dan sering dijarah oleh wisatawan.

The Lost City of Z

Kota Hilang: Z
Kota hilang Z yang masih menjadi misteri sampai saat ini.
Kota Z yang Hilang atau The Lost City of Z adalah peradaban hilang yang terletak jauh di pedalaman hutan Brazil (hutan Amazon). Kota hilang ini dikatakan sebagai peradaban maju dengan jaringan canggih berupa jembatan, jalan, dan kuil-kuil. Hal ini dibuktikan dengan ditemukan banyak peninggalan alat-alat canggih di pedalaman hutan Amazon. Spekulasi tentang kota Z dimulai setelah dokumen itu ditemukan, di mana seorang penjelajah Portugis menegaskan bahwa dia pernah mengunjungi kota ini pada 1753. Tapi selain itu, tidak ada lagi bukti keberadaannya yang pernah ditemukan. Kota Z adalah kota yang terkenal yang bisa menarik perhatian penjelajah dari berbagai belahan dunia namun juga merupakan kota yang berbahaya. Percy Fawcett, yang pada tahun 1925 menghilang tanpa jejak saat mencari kota ini, dan selama bertahun-tahun berikutnya sejumlah petualang lainnya dinyatakan meninggal atau memghilang jejaknya. Dalam beberapa tahun terakhir, sebuah kota yang dikenal sebagai Kuhikugu ditemukan di Hutan Amazon dan memiliki bukti-bukti yang menunjukkan benteng dan teknik yang canggih.

Petra: Kota Hilang yang Indah

Kota Hilang: Petra
Kota hilang Petra yang memiliki desain arsitektur yang sangat indah.
Petra dianggap sebagai kota hilang paling indah dari semua kota pada daftar ini. Petra terletak di Yordania, di dekat Laut Mati dan diyakini telah pernah menjadi pusat perdagangan karavan Nabataean. Ciri yang paling menonjol adalah arsitektur indah batu yang diukir dari batuan pegunungan di sekitarnya yang mulai dieksplorasi sejak abad 18. Petra sebuah kota dengan benteng alami yang diperkirakan dibangun pada tahun 100 SM. Banyak bukti yang menunjukkan kemajuan teknologi seperti bendungan dan waduk, saluran banjir bandang yang membantu para penghuni kawasan serta menyimpan air untuk digunakan pada saat-saat kekeringan. Setelah ratusan tahun berada di masa kemakmuran, kota ini mulai meredup seiring terjadinya serangan dari Bangsa Romawi. Pada tahun 363, terjadi gempa bumi yang menghancurkan beberapa bangunan dan infrastruktur hingga menyebabkan kelumpuhan kota. Petra akhirnya ditinggalkan, dan dibiarkan tenggelam selama bertahun-tahun di padang pasir sebelum akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1812 oleh penjelajah Swiss. Hingga kini, keindahan arsitektur bangunan batu Petra masih tetap bisa dinikmati.

El Dorado: Kota Hilang yang Paling Diincar

Kota Hilang: El Dorado
El Dorado: Kota Hilang yang Terbuat dari Emas
Inilah kota hilang yang paling dicari karena dikenal sebagai kota emas. Diperkirakan banyak sekali emas yang ada di kota ini. El Dorado adalah sebuah kerajaan mistis yang konon ditemukan di hutan Amerika Selatan. Secara harfiah, kota ini berarti “The Golden One” dalam bahasa Spanyol. Kota ini dipimpin oleh seorang raja yang kuat dan dengan kekayaan emas yang tak terhingga. Sejak zaman dahulu, kota ini selalu menjadi daya tarik bagi para penjelajah. Banyak ekspedisi yang telah diluncurkan dalam misi pencarian koya ini. Yang paling terkenal adalah ekspedisi yang dipimpin oleh Gonzalo Pizarro, yang pada tahun 1541 memimpin kelompok yang terdiri dari 300 tentara dan beberapa ribu orang India ke dalam hutan untuk mencari kota El Dorado. Mereka tidak menemukan adanya bukti dari kota tersebut ataupun harta peninggalannya. Naasnya, kelompok tersebut juga diserang oleh penyakit, kelaparan, dan juga serangan dari warga pribumi.

Memphis

Kota Hilang: Memphis
Kota hilang Memphis yang kini hanya menyisakan puing-puing saja.
Kota hilang yang didirikan pada tahun 3100 ini adalah ibu kota Mesir Kuno dan menjadi pusat administrasi peradaban selama ratusan tahun sebelum akhirnya ditinggalkan oleh penduduknya, seiring dengan munculnya Thebes dan Alexandria. Di bekas wilayah kota ini banyak ditemukan reruntuhan bangunan-bangunan Mesir Kuno. Pada puncak kejayaannya, Memphis diperkirakan memiliki populasi lebih dari 30.000 jiwa, yang juga membuatnya menjadi kota terbesar di zaman tersebut. Selama bertahun-tahun, lokasi Memphis menghilang, dan selalu menjadi bahan perdebatan di kalangan arkeolog sebelum ditemukan kembali oleh ekspedisi Napoleon di akhir tahun 1700-an, Sayangnya, batu-batu dan peninggalan berharga lainnya dari reruntuhan kota telah dihancurkan dan disesuaikan untuk membangun pemukiman di dekatnya, dan banyak bagian penting dari situs yang telah hilang dicuri.

Machu Pitchu

Kota Hilang: Machu Picchu
Kota hilang Machu Picchu yang kini menjadi objek wisata yang menarik banyak wisatawan.
Kota hilang ini terletak di dekat Lembah Urubamba di Peru. Kota ini pernah ditemukan dan dijarah oleh conquistador. Machu Pichu menyimpan banyak peninggalan reruntuhan kuno yang sering disebut sebagai Kuil Machu Pichu. Kota ini terbagi menjadi distrik-distrik, dan memiliki lebih dari 140 struktur yang berbeda yang dibatasi oleh dinding-dinding dari batu yang dipoles. Kabarnya kota ini telah dibangun pada tahun 1400-an oleh suku Inca dan ditinggalkan kurang dari 100 tahun kemudian. Kemungkinan besar hal ini terjadi ketika jumlah penduduknya berkurang karena wabah penyakit cacar dibawa dari Eropa. Ada banyak spekulasi mengenai tujuan didirikannya Machu Picchu, termasuk alasan suku Inca membangun kota ini di lokasi yang aneh. Beberapa orang berspekulasi bahwa hal ini adalah bait suci suatu keagamaan, sementara yang lain berpendapat bahwa kota ini didirikan sebagai penjara. Tetapi penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kemungkinan kota ini merupakan harta pribadi milik Kaisar Inca Pachacuti, dan lokasi puncak gunung dipilih karena pegunungan diangap suci dalam mitologi Inca. Arsitektur bangunan yang sangat indah pada kuilnya membuktikan betapa tingginya peradaban Machu Pichu saat masa jayanya.

Pompeii

Kota Hilang: Pompeii
Kota hilang Pompeii yang terletak di Italia
Kota Romawi Pompeii hancur pada tahun 79 M setelah Gunung Vesuvius di dekatnya meletus dan mengubur seluruh komunitas dengan abu dan batu. Kota hilang ini diperkirakan memiliki sekitar 20.000 jiwa pada saat itu. Kota Pompeii lenyap dari peradaban karena bencana meletusnya Gunung Vesuvius yang berlokasi tidak jauh dari Pompeii sehingga mengubur seluruh penduduk di dalam abu dan batu hingga sedalam 60 kaki. Setelah letusan, reruntuhan ini menghilang selama 1.700 tahun sebelum tanpa sengaja ditemukan kembali pada tahun 1748 oleh para pekerja yang saat itu sedang membangun istana Raja Naples. Sejak saat itu, Pompeii berubah menjadi titik penggalian oleh para arkeolog. Ironisnya, kehancuran yang disebabkan oleh Gunung Vesuvius saat itu juga menengelamkan banyak lukisan dinding dan patung-patung yang membuat Pompeii (bagian penting sejarawan modern ‘pemahaman hidup di Roma kuno) hanya menyisakan puing-puingnya saja. Saat ini, kota Pompeii telah menjadi sebagai salah satu tempat liburan utama untuk kelas atas masyarakat Roma.

Angkor

Kota Hilang: Angkor Wat
Kota hilang Angkor Wat yang terletak di Kamboja
Daerah Angkor di Kamboja dan sekitarnya dikenal sebagai salah satu pusat industri di Asia, bahkan dunia. Salah satu peningggalan yang paling terkenal adalah kota hilang yang terdiri dari Kuil Angkor Wat, yang umumnya dianggap sebagai monumen keagamaan. Kuil Angkor ini dianggap sebagai tempat untuk beribadah sekaligus landmark negara Kamboja. Kuil Angkor ini memiliki sebuah misteri karena kota ini hilang bergitu saja tanpa adanya gangguan penjajahan maupun bencana. Hal ini masih menjadi pertanyaan sampai saat ini karena kota hilang ini ditinggalkan begitu saja oleh para penduduknya. Wilayah Angkor Kamboja menjadi pusat peradaban dan kekuasaan dari kerajaan Khmer dari 800 M hingga tahun 1400-an. Spekulasi yang beredar mengatakan bahwa kota ini ditinggalkan setelah kemajuan yang mulai melambat yang berakhir dengan invasi oleh tentara Thailand tahun 1431. Hal ini meninggalkan kota besar dengan ribuan candi Budha yang akan diambil alih oleh alam rimba. Kota ini relatif tidak tersentuh hingga tahun 1800-an ketika sekelompok arkeolog dari Prancis menemukannya dan mulai merenovasinya. Saat ini, Kuil Angkor Wat dianggap sebagai monumen keagamaan terbesar yang ada.
Demikian 10 kota hilang yang paling dicari di dunia dan belum ditemukan hingga saat ini versi Conspiramyths. Semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan Anda. Jangan lupa tinggal komentar untuk membangun situs web ini menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

5 thoughts on “10 Kota Hilang di Dunia dan Belum Ditemukan, Nomor 6 Paling Dicari

  1. Ping-balik: tadalafil for sale
  2. Ping-balik: cheap essay writers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *