10 Monster Mitologi Yunani Yang Mengerikan dan Menyeramkan

Peradaban Yunani Kuno selalu identik dengan kisah mitologinya, terutama tentang kisah Dewa Dewi Olimpus yang disembah oleh banyak orang Yunani, Namun selain itu Mitologi Yunani juga mempunyai sejumlah kisah tentang monster-monster yang menyeramkan yang menghuni beberapa tempat tertentu. Dan berikut ini adalah beberapa makhluk mitologi menyeramkan dan mengerikan.

   

Cerberus (Monster Anjing Berkepala 3)

  Fantasy Cerberus HD Wallpaper by JACK WANG  

Pertama ada Cerberus, Cerberus adalah anjing besar dengan tiga kepala melambangkan masa lalu, masa kini, dan masa depan, yang masing-masing memiliki mulut yang besar, dan giginya tajam, dan mempunyai ekor ular. Cerberus sendiri merupakan anjing peliharaan dewa kematian Hades, Dan Oleh Hades, Cerberus ditugaskan menjaga pintu masuk dunia bawah, Dia bertugas mencegah siapa pun yang tidak berhak memasuki atau keluar dari dunia bawah. Hanya mereka yang memiliki izin khusus, seperti dewa atau pahlawan, yang bisa melewati Cerberus. Karena dunia bawah terlarang bagi manusia. Cerberus akan memakan manusia yang mendekati pintunya, sehingga hanya roh mereka saja yang masuk ke dalam dunia bawah.

   

Hydra (Monster Ular Berkepala 9)

  Fantasy Monster Hydra HD Wallpaper  

Kedua ada Hydra, Hydra adalah ular raksasa berkepala sembilan yang menghuni rawa-rawa di danau Lerna, dekat kota Argos. Ketika satu kepala nya dipotong, monster ini akan menumbuhkan dua kepala baru sebagai gantinya. Selain itu yang berbahaya dari Hydra bukan hanya kepala nya yang terus tumbuh, Hydra memiliki napas yang beracun bagi siapapun yang menghirupnya.

 

Minotaur (Monster Penjaga Labirin)

  Minotaur Wallpapers - Top Free Minotaur Backgrounds - WallpaperAccess  

Selanjutnya ada Minotaur, Minotaur adalah monster pria berkepala banteng. Minotaur Konon merupakan anak tiri Raja Minos. Konon, Raja Minos, diberi banteng istimewa oleh Poseidon untuk dikorbankan. Namun, alih-alih menuruti perintah Poseidon, Minos justru mempertahankan banteng itu, Lalu Poseidon yang murka dan kemudian membuat istri Minos (Ratu Pasiphae ) jatuh cinta pada banteng itu. Raja Minos kemudian memerintahkan pembangunan labirin yang rumit dan sangat sulit untuk di bawah istananya di Knossos, Kreta. Minotaur kemudian ditahan di dalam labirin ini untuk mencegahnya merusak kerajaan dan mengancam orang-orang Kreta. Lalu untuk menghentikan kemarahan Poseidon, Raja Minos harus memberikan tujuh orang laki-laki dan tujuh perempuan Athena setiap sembilan tahun sekali sebagai tumbal, Mereka akan dilemparkan ke dalam labirin untuk menjadi mangsa Minotaur.

   

Chimera 

  Fantasy Chimera HD Wallpaper  

Berikutnya ada Chimera, Chimera atau khimaira yang berarti sesuatu yang tercampur atau dicampur, Ini menggambarkan wujud makhluk ini yang merupakan campuran atau gabungan dari beberapa hewan. Chimera memiliki tiga kepala, dan bertubuh singa, namun anehnya dua kepala lainnya berupa kambing dan ular. Monster ini juga memiliki nafas api dan seringkali membuat ulah dengan membakar ternak dan petani tidak bersalah. Dan kehadirannya juga seringkali dianggap sebagai pertanda akan datangnya badai maupun bencana alam lainnya.

   

Typhon

  Typhon, Sosok 'Ayah Semua Monster' Mengerikan dalam Mitologi Yunani - Semua Halaman - National Geographic  

Typhon atau yang dikenal dengan sebutan Father of All Monsters, Typhon monster ciptaan Gaia karena kesal terhadap para dewa Olimpus, terutama Zeus. Gaia merasa marah dan berkeinginan untuk melawan kekuasaan para dewa yang telah menggantikan para Titan. Dalam upayanya untuk melawan para dewa, Gaia menciptakan Typhon. Typhon memiliki tubuh sangat besar, sehingga kapan saja dia berdiri tega, kepalanya akan menyentuh bintang-bintang. Dia memiliki dua sayap yang dapat menutupi matahari, kepala naga sebagai ganti dari jari tangan, dan bagian bawah tubuh yang terdiri dari ular yang terus mendesis. Saking seramnya, Typhon membuat para dewa dewi Olimpus ketakutan, kecuali Zeus. Zeus juga lah yang berhasil mengalahkan monster ini dan kemudian memenjarakannya di gunung Etna.

   

Cyclops (Monster Bermata Satu)

  Monstrous, cyclops by deviantart HD wallpaper | Pxfuel  

Cyclops atau kyklops dalam bahasa Yunani yang berarti "lingkaran mata" atau "putaran mata", Cyclops adalah makhluk bertubuh raksasa dan memiliki satu mata. Pada awalnya hanya ada tiga Cyclops anak dari Gaia dan Uranus. Mereka adalah Arges, Brontes dan Steropes. Karena penampilan mereka yang mengerikan, Uranus kemudian memenjarakan para mereka di Tartaros. Saat berperang melawan titan Zeus membebaskan para Cyclops dari Tartaros karena membutuhkan kemampuan mereka dalam menempa besi, kemudian mereka membuat Petir untuk Zeus, Trisula untuk Poseidon, dan Helm Kegelapan untuk Hades. Setelah Dewa Dewi Olimpus memenangkan perang melawan Titan, Para Cyclops kemudian bekerja bersama Hephaestus.

   

Medusa

  Medusa - The Famed Gorgon of Greek Mythology – Banknote World  

Medusa pada awalnya adalah seorang perawan cantik, dan merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Karena kecantikannya, ia menarik perhatian Poseidon. Hal ini kemudian membuat Athena cemburu, ia pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya akan menjadi batu. Medusa mati dibunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes dari Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah, Dengan bantuan dari Athena, Zeus, dan Hermes yang memberinya sandal bersayap, Helm Kegelapan, Pedang, dan Perisai Cermin. Perseus berhasil membunuh Medusa dengan cara melihat bayangan Medusa di cermin supaya Medusa tidak mengubahnya jadi batu, lalu Perseus memenggal kepala Medusa.

     

Charybdis

  ArtStation Percy Jackson Sea Of Monsters Charybdis  

Charybdis adalah monster laut yang berasal dari mitologi Yunani kuno. Dalam mitologi tersebut, Charybdis adalah putri Poseidon, dan Gaia. Charybdis sangat setia pada ayahnya dan sering membantu Poseidon ia awalnya adalah seorang perempuan yang cantik tetapi karena sering membuat badai di laut, Dan menenggelamkan daratan dan menjadikannya lautan. Akhirnya Zeus mengubahnya menjadi pusaran laut yang mengerikan. Charybdis kemudian berdiam di suatu tempat di dekat Skilla, Lalu kapal yang melalui Charybdis akan dihancurkan oleh pusaran airnya.

   

Scylla

  17 Sexy Mythological Creatures - Next Luxury  

Scylla adalah anak dari dewa laut Glaucus dan seorang nimfa bernama Hecate. Pada awalnya, Scylla adalah seorang wanita cantik, tetapi bernasib buruk ketika Glaucus jatuh cinta padanya. Namun, Scylla menolak cinta Glaucus dan mencari perlindungan di dekat kuil dewi laut, Amphitrite. Kesal dengan penolakan Scylla, Glaucus meminta bantuan penyihir Circe untuk membuatnya jatuh cinta pada Scylla, Namun Circe malah mencoba memikat Glaucus, lalu Glaucus menolaknya, dan Circe, dalam kemarahannya, mencampurkan ramuan ajaib yang membuat Scylla berubah menjadi monster yang mengerikan. Skilla kemudian tinggal di dekat Charybdis dan di antara mereka hanya ada suatu celah sempit sehingga jika ada pelaut yang melalui tempat tersebut, pelaut tersebut harus memilih dihancurkan oleh Charybdis atau dimakan oleh Scylla

     

Sirens

  DOTA 2 Naga Siren digital wallpaper, sea, art, tail, spear, naga, siren, HD wallpaper | Wallpaperbetter | Sea siren, Sea monsters, Naga  

Sirens sering digambarkan sebagai wanita cantik dengan suara indah. Mereka tinggal, tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, pulau Sirenusian dekat Paistum, atau di Capreae, yang mana semuanya adalah tempat-tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing. Mereka menyanyikan lagu-lagu memikat hati yang membuat para pelaut yang mendengarnya menjadi terbuai sehingga kapal mereka menabrak karang dan tenggelam.

   

Bagaimana menurut kalian tentang mahkluk-makhluk yang telah kita bahas, Tentu saja keberadaanya tidak benar-benar ada, Sama seperti Dewa Dewi Yunani, hanyalah bagian dari kisah mitologi Yunani kuno. Akan tetapi makhluk-makhluk ini tetap hidup dalam cerita dan budaya populer hingga hari ini, dan memberikan kita wawasan yang mendalam tentang dunia mitologi Yunani. Baca yang lainnya juga disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *