3 Tempat Wisata Angker di Bantul

Kota Bantul, yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, bukan hanya dikenal karena keindahan alamnya yang cukup memukau, tetapi juga karena nuansa mistis yang melingkupi beberapa lokasinya. Sejalan dengan kekayaan budaya dan sejarahnya, Bantul menjadi rumah bagi beberapa tempat yang dianggap memiliki aura gaib atau kisah-kisah mistis yang mendalam. Beberapa tempat wisata yang terlihat angker di daerah bantul  seperti Pantai Parangtritis, Makam Raja Imogiri, dan tempat-tempat lain di sekitarnya, menyimpan legenda serta kepercayaan masyarakat setempat yang memberikan warna mistis pada kehidupan sehari-hari di kota ini. Dalam suasana yang dipenuhi cerita rakyat dan mitos, Bantul mengundang para pengunjung untuk menjelajahi sisi mistisnya yang tak terpisahkan dari warisan budayanya.

Berikut ini beberapa tempat wisata mistis di Bantul

 

1. Pantai Parangtritis

4 Wisata Angker di Bantul

 

Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Desa Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, dan terkenal karena keindahan panorama alam yang luar bisa. Meskipun terkenal dengan keindahan pemandangannya, pantai ini juga dikelilingi oleh cerita-cerita mistis dan kepercayaan lokal yang menambahkan dimensi mistisnya. Beberapa penduduk setempat percaya bahwa pantai ini dihuni oleh makhluk-makhluk gaib atau memiliki energi supranatural tertentu.

 

Selain itu, beberapa mitos lokal terkait dengan Nyi Roro Kidul, ratu laut dalam mitologi Jawa, juga sering dikaitkan dengan Pantai Parangtritis. Nyi Roro Kidul adalah suku larangan berbaju hijau yang dikatakan mengendalikan suara gamelan di sepanjang garis pantai selatan Pulau Jawa, termasuk Pantai Parangtritis. Pada malam, sayup-sayup akan terdengar suara gamelan dari arah pantai, dan banyak saksi yang mendengar suara tersebut. Mitos ini juga menyebabkan mengembangkan persepsi bahwa menggunakan pakaian berwarna hijau saat mengunjungi Pantai Parangtritis akan menyebabkan kesakitan. Namun, perlu diingat bahwa mitos ini mungkin tidak memiliki kehakiman ilmiah serta hanya muncul sebagai cerita dan legenda.

 

Meskipun mitos dan misteri menarik perhatian pengunjung wisata, Pantai Parangtritis masih menjadi destinasi wisata yang menarik di Yogyakarta dan di seluruh dunia. Wisatawan yang menghuni pada lokasi ini akan menjadi tersenyum yang indah dan menyelamat datang di sepanjang garis pantai selatan Pulau Jawa

 

2. Makam Raja-raja Imogiri

 

Makam Imogiri Persemayaman Raja Mataram, Benarkah Tempat Paling ...

 

Banyak orang masih penasaran dengan misteri Makam Raja Imogiri. Ya, Makam Raja Imogiri yang merupakan salah satu peninggalan Kesultanan Mataram ini ternyata menyimpan begitu banyak hal-hal mistis yang menjadi perbincangan masyarakat.  Makam Raja-raja Imogiri terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, memiliki cerita mistis dan sejarah yang mendalam. Imogiri merupakan kompleks pemakaman yang menjadi tempat peristirahatan terakhir para raja dan keluarga kerajaan Mataram, termasuk Sultan Agung, Sultan Hamengkubuwono I, dan Sultan Hamengkubuwono II. Pemakaman ini dibangun sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1632. Tak hanya itu, pemakaman ini juga  berdiri saat Kesultanan Mataram di bawah pimpinan Sultan Agung Mataram III bernama Prabu Hanyokrokusumo.

 

Salah satu cerita mistis yang sering diceritakan terkait dengan keberadaan makam-makam ini adalah adanya penjaga gaib atau penunggu spiritual yang menjaga keamanan kompleks pemakaman tersebut. Beberapa cerita menyebutkan bahwa setiap malam Jumat Kliwon, penunggu gaib akan berkeliaran di sekitar makam untuk menjaga keamanan dan keutuhan makam-makam kerajaan tersebut. Selain itu, masyarakat setempat juga meyakini adanya energi mistis yang terkait dengan kekuasaan para raja yang dimakamkan di sana. Beberapa pengunjung melaporkan pengalaman mistis seperti mendengar suara langkah atau tangisan di malam hari, meskipun tempat tersebut dalam keadaan sepi.

 

Tak hanya itu, tempat ini juga digunakan untuk ritual-ritual tertentu yang diadakan oleh sesepuh atau pemangku adat untuk menjaga harmoni antara dunia roh dan dunia manusia  yang ada di sekitar makam-makam tersebut. Kepercayaan ini menciptakan aura mistis yang kental di sekitar kompleks pemakaman Raja-raja Imogiri.

 

Meskipun cerita-cerita mistis ini menarik perhatian, penting untuk diingat bahwa mereka mungkin tidak memiliki dasar ilmiah. Namun cerita ini merupakan bagian dari warisan budaya dan kepercayaan masyarakat sekitar. Makam Raja Imogiri tetap menjadi simbol sejarah yang penting dan tempat persemayaman para raja Mataram, yang kaya akan nilai sejarah dan budaya.

 

3. Goa Selarong

 

Cerita Mistis Goa Selarong di Bantul, Dipercaya Tempat Makhluk ...

 

Goa Selarong yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Tempat ini memiliki cerita mistis yang diwariskan dari masa lalu. Goa ini bukan hanya tempat wisata sejarah, tetapi juga dianggap sebagai tempat yang penuh dengan keberadaan gaib dan aura spiritual.

 

Salah satu legenda mistis yang sering diceritakan yaitu berkaitan dengan Pangeran Diponegoro, seorang pahlawan nasional Indonesia yang memimpin perlawanan terhadap Belanda pada abad ke-19. Konon, Goa Selarong digunakan sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro selama perang Diponegoro (1825-1830). Beberapa orang meyakini bahwa roh Pangeran Diponegoro masih gentayangan di dalam goa dan menjaga warisan sejarahnya.

 

Banyak yang meyakini bahwa Goa Selarong adalah tempat berkumpulnya makhluk gaib. Terdapat beberapa pengunjung yang melaporkan pengalaman-pengalaman gaib seperti mendengar suara langkah kaki atau suara gemuruh di dalam goa, meskipun tidak ada sumber suara yang jelas. Ada juga cerita tentang penunggu gaib yang melindungi dan menjaga keberlanjutan spiritualitas di dalam goa.  Konon, pada malam-malam tertentu seperti malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon, suasana mistis sangat kental di area Goa Selarong

 

Saat ini goa Selarong lebih dikenal sebagai salah satu objek wisata alam dan religi. Selain sebagai tempat tujuan mengirim persembahan dan doa, di sekitar goa Selarong juga terdapat air terjun yang bisa memanjakan mata. Tak hanya itu, ritual-ritual keagamaan sering kali diadakan di Goa Selarong oleh masyarakat setempat untuk menjaga kesakralan tempat ini. Malam Jumat Kliwon, dianggap sebagai malam yang paling mistis di dalam kalender Jawa, sering menjadi waktu di mana ritual-ritual ini diintensifkan.

 

Sejauh mata memandang dan telinga mendengar, Kota Bantul di Yogyakarta tidak hanya memukau dengan keindahan alamnya, tetapi juga menyajikan sisi-sisi mistis yang membuatnya unik di dunia pariwisata. Pantai Parangtritis, Goa Selarong, dan Makam Raja-raja Imogiri mengundang pengunjung untuk meresapi nuansa mistis, dengan cerita-cerita yang melibatkan roh gaib dan mitos lokal. Demikian itu, beberapa tempat wisata angker di Bantul yang cukup banyak dengan aura mistisnya. Untuk mengetahui hal hal mistis yang ada di berbagai wilayah Indonesia terutama di daerah bantul, anda dapat membacanya di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *