Dikenal Angker dan Menyeramkan, Inilah 5 Gunung Mistis di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan banyak gunung, mulai dari yang berapi hingga yang tidak. Meski kerap dijadikan untuk tempat berlibur , inilah beberapa gunung di Indonesia yang dikenal angker dan menyeramkan karena memiliki kisah-kisah mistis yang melekat di dalamnya.

1. Gunung Semeru

 

Dikenal Angker dan Menyeramkan, Inilah 5 Gunung Mistis di Indonesia

 

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur yang terkenal angker dan menyeramkan karena terdapat banyak kisah mistis yang melekat di dalamnya.

Salah satu kisah mistis yang paling terkenal adalah kisah tentang Dewi Rengganis, seorang dewi cantik yang dipercaya sebagai penunggu puncak Mahameru. Konon, Dewi Rengganis sering menampakkan diri kepada para pendaki yang melewati jalur pendakian ke puncak Mahameru.

Kisah mistis lainnya yang populer adalah kisah tentang Pasar Setan. Pada malam hari, tempat ini akan muncul pasar gaib yang dihuni oleh makhluk-makhluk halus. Pasar gaib tersebut dipenuhi oleh berbagai macam barang dagangan, mulai dari makanan, minuman, hingga pakaian.Selain itu, ada juga kisah tentang Tanjakan Cinta, sebuah tanjakan yang terletak di antara Ranu Kumbolo dan Mahameru. Tanjakan ini dipercaya sebagai tempat yang angker karena sering terjadi kecelakaan dan kematian. Konon, kecelakaan tersebut disebabkan oleh makhluk halus yang bersemayam di tanjakan tersebut.

 

2. Gunung Rinjani

 

Dikenal Angker dan Menyeramkan, Inilah 5 Gunung Mistis di Indonesia

 

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, yang terkenal indah dan menantang. Tetapi juga dikenal angker dan menyeramkan dengan banyaknya kisah mistis yang sangat melekat. Salah satu kisah mistis yang paling terkenal adalah kisah tentang Dewi Anjani, seorang ratu jin yang dipercaya sebagai penguasa gunung Rinjani.

Konon, Dewi Anjani sering menampakkan diri kepada para pendaki yang melewati jalur pendakian untuk pergi  ke puncak. Dewi Anjani selalu memberikan sebuah bunga kepada pendaki tersebut dan menyuruhnya untuk merawat bunga tersebut dengan baik. Bunga tersebut kemudian dibawa pulang oleh pendaki dan dirawat dengan baik. Namun, beberapa hari kemudian, bunga tersebut tiba-tiba layu dan mati. Pendaki tersebut kemudian menyadari bahwa bunga tersebut merupakan simbol dari cintanya kepada Dewi Anjani.

Kisah mistis lainnya yang populer adalah kisah tentang Segara Anak, sebuah danau yang terletak di kawah Gunung Rinjani. Yang mana, danau ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah para pendaki yang meninggal disini.Selain itu, ada juga kisah tentang Tanjakan Cinta, sebuah tanjakan yang terletak di antara Plawangan Sembalun dan Plawangan Sembalun. Tanjakan ini dipercaya sebagai tempat yang angker karena sering terjadi kecelakaan dan kematian. Banyak orang menganggap bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh makhluk halus yang bersemayam di tanjakan tersebut.

 

3. Gunung Merapi

 

Dikenal Angker dan Menyeramkan, Inilah 5 Gunung Mistis di Indonesia

 

Gunung Merapi  merupakan gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terkenal karena angker dan menyeramkan dengan penuh kisah mistis yang menakutkan. Salah satu kisah mistis yang paling terkenal adalah kisah tentang Ratu Kidul atau sering di sebut Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan yang dipercaya memiliki hubungan khusus dengan Gunung Merapi. Konon katanya, Ratu Kidul sering menampakkan diri kepada para pendaki yang melewati jalur pendakian ke puncak. Pendaki tersebut biasanya akan melihat sosok seorang wanita cantik yang sedang duduk di atas batu. Jika pendaki tersebut menyapa atau mendekati sosok tersebut, maka sosok tersebut akan menghilang.

Kisah mistis lainnya yang populer adalah kisah tentang Keraton Merapi. Yang mana di dalam Merapi terdapat sebuah kerajaan gaib yang dihuni oleh bangsa jin. Kerajaan gaib tersebut dipimpin oleh seorang raja yang disebut dengan Sang Hyang Jagad.

Selain itu, ada juga kisah tentang Mbah Maridjan, seorang juru kunci Merapi yang terkenal karena keberaniannya menghadapi letusan gunung tersebut. Mbah Maridjan dipercaya sebagai seorang wali yang memiliki kekuatan supranatural.

 

4. Gunung Lawu

 

Dikenal Angker dan Menyeramkan, Inilah 5 Gunung Mistis di Indonesia

 

Gunung Lawu ini terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang dikenal cukup angker dan menyimpan banyak cerita misteri dengan penuh kisah mistis. Salah satu kisah mistis yang paling terkenal adalah kisah tentang Pasar Setan. Pada malam hari, di tempat ini akan muncul pasar gaib yang dihuni oleh makhluk-makhluk halus. Pasar gaib tersebut dipenuhi oleh berbagai macam barang dagangan, mulai dari makanan, minuman, hingga pakaian. Para pendaki yang melihat pasar gaib tersebut biasanya akan merasa ketakutan dan segera meninggalkan tempat tersebut.

Kisah mistis lainnya yang populer adalah kisah tentang Dewi Songgolangit, seorang dewi cantik yang dipercaya sebagai penunggu puncak Hargo Dumilah, puncak tertinggi Gunung Lawu. Konon, Dewi Songgolangit sering menampakkan diri kepada para pendaki yang melewati jalur pendakian ke puncak Hargo Dumilah. Pendaki tersebut biasanya akan melihat sosok seorang wanita cantik yang sedang duduk di atas batu. Jika pendaki tersebut menyapa atau mendekati sosok tersebut, maka sosok tersebut akan menghilang.

Selain itu, ada juga kisah tentang Sendang Panguripan, sebuah mata air yang dipercaya dapat memberikan umur panjang. Konon, air dari Sendang Panguripan dapat membuat orang yang meminumnya awet muda. Namun, air tersebut hanya dapat diminum oleh orang-orang yang memiliki niat baik. Jika air tersebut diminum oleh orang-orang yang memiliki niat jahat, maka air tersebut akan berubah menjadi racun.

Berikut adalah beberapa kisah mistis lainnya yang populer di Gunung Lawu :

  • Sosok burung jalak yang sering terlihat terbang di sekitar puncak. Burung jalak tersebut dipercaya sebagai penjelmaan dari Prabu Brawijaya V, raja terakhir Kerajaan Majapahit.
  • Sosok macan putih yang dipercaya sebagai penunggu hutan..
  • Suara tawa yang sering terdengar di malam hari.
 

5. Gunung Salak

 

 

Gunung Salak terletak di Provinsi Jawa Barat, dikenal sebagai gunung yang angker dan menyeramkan. Hal ini dikarenakan banyaknya kisah mistis yang melekat. Salah satu kisah mistis yang paling terkenal adalah kisah tentang Kerajaan Pajajaran. Di puncak gunung Salak terdapat sebuah kerajaan gaib yang dihuni oleh bangsa jin. Kerajaan gaib tersebut dipimpin oleh seorang raja yang disebut dengan Prabu Siliwangi.

Kisah mistis lainnya yang cukup populer adalah kisah tentang Harta karun Belanda. Konon, pada zaman penjajahan Belanda, terdapat sebuah harta karun yang dikuburkan di sini. Harta karun tersebut dipercaya berisi emas, permata, dan benda-benda berharga lainnya.

Selain itu, ada juga kisah tentang Perkampungan Setan. Konon, di lereng gunung ini terdapat sebuah perkampungan setan yang dihuni oleh makhluk-makhluk halus. Perkampungan setan tersebut sering terlihat oleh para pendaki yang melewati jalur pendakian ke puncak.

Berikut adalah beberapa kisah mistis lainnya yang populer di Gunung Salak :

  • Sosok wanita cantik yang sering terlihat di sekitar Salak.
  • Suara tangisan yang sering terdengar di malam hari.
  • Penampakan sosok tentara Belanda yang tewas dalam pertempuran.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Untuk artikel lainnya, anda bisa kunjungi sekaligus membacanya di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *