5 Mitos Paling Menakutkan Tentang Gunung Slamet , Tempat Para Dewa hingga Ramalan Jayabaya

Gunung Slamet merupakan salah satu dari enam gunung yang ada di Jawa Tengah (Jateng). Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dan menyimpan banyak cerita mistis atau mistis. Berikut beberapa mitos tentang Gunung Slamet.

 

Gunung Slammet Kata Slammet sering diartikan aman. Oleh karena itu, banyak yang meyakini Gunung Slamet merupakan gunung yang aman. Meski demikian, Gunung Slamet dianggap sebagai gunung suci oleh sebagian masyarakat Jawa.

 

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak cerita mistis atau mitos seputar Gunung Slamet. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah (Jateng) dan juga menyandang predikat gunung terbesar kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

 

Secara administratif, gunung ini termasuk dalam empat kabupaten: Purbalinga, Banyumas, Brebes, dan Tegal. Keindahan alam Gunung ini menjadi salah satu daya tariknya. Sayangnya, di balik keindahannya terdapat cerita yang membuat takut wisatawan dan pendaki karena beberapa faktor. Salah satu penyebabnya adalah berbagai legenda dan mitos mengerikan seputar Gunung Slamet.

 

1. Mitos Makhlus Halus

  Jarang Diketahui! Inilah Kisah Misteri Gunung Slamet yang Menyimpan Penuh Misteri  

Seperti gunung lainnya di Pulau Jawa, Gunung Slamet juga diselimuti cerita misterius dan mitos tentang keberadaan hantu. Makhluk halus yang diyakini hidup di gunung ini adalah San Baflexa, atau penguasa gunung yaitu Mba Jamur Dipa. Menurut sesepuh Dusun Bambangan, nama Mbah Jamul Dipa berasal dari seorang pendaki gunung yang bermalam di tempat ini dan bermimpi ada orang bernama Mbah Jamul Dipa yang akan menjenguknya.

 

Selain merasuki melalui mimpi, arwah Mba Jamur Dipa biasanya merasuki para pendaki dan menunjukkan identitasnya dengan berbicara melalui perantaraan manusia yang dirasukinya.

 

2. Tempat Bersemayamnya Para Dewa

 

Salah satu mitos populer tentang gunung ini adalah tempat bersemayamnya para dewa. Puncak gunung ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa dan melambangkan penghubung antara bumi dan langit.

 

Menurut berbagai sumber, Gunung Slamet merupakan puncak Gunung Meru di India dan dibawa ke Jawa oleh dewa Brahma dan Wisnu untuk dijadikan patok bumi. Kisah yang dimuat dalam buku Tantu Pangeralan mengungkap, sebelum gunung ini ditanam, Pulau Jawa tidak ada tekanan sehingga justru terapung di laut.

 

3. Mitos Ramalan Jayabaya tentang Gunung Slamet

  Silsilah Jayabaya Raja Termasyhur Kerajaan Kediri, Akhir Hidupnya Muksa : Okezone Nasional Gunung Slamet  

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Prabhu Jayabaya. Raja ini terkenal dengan ramalannya tentang mitos terbaginya pulau Jawa menjadi dua bagian, yaitu ramalan Jayabaya: “…nugel Tanah Jawa kaping pindho…” kalimat ini berarti “…hancur, Tanah Jawa terbagi dua…” Ini tidak benar.

 

Pasalnya, menurut sejarah, banyak yang meyakini bahwa Pulau Jawa dan Sumatera pernah menyatu menjadi satu daratan lalu terpisah. Terbentuknya kedua pulau ini disebabkan oleh meletusnya Pegunungan Krakatau Purba yang turut menimbulkan pertanyaan terkait ramalan Prabhu Jayabaya di atas apakah benar Pulau Jawa akan terbelah untuk kedua kalinya.

 

4. Mitos Tempat-tempat Angker

  5 Tempat Angker di Banyumas yang Indah dan Penuh Kisah Mistis  

Dikutip dari Buku Harian Maria Astoria, Rini (2012), Mitos tentang gunung Di Dusun Bambangan, asal muasal tempat angker gunung ini konon berasal dari pos 2 dan 9, karena banyaknya kejadian yang memakan korban jiwa di tempat tersebut.

 

Tersebarnya mitos ini bermula dari informasi para pendaki yang menceritakan kepada beberapa warga Bambangan tentang kejadian dan kejadian aneh setelah pendakian. Ternyata kejadian aneh yang dialami para pendaki juga dialami oleh kelompok pendaki lainnya. Akhirnya seorang warga Bambangan ingin membuktikan kebenaran cerita tersebut, namun ternyata ia diganggu oleh kehadiran hantu saat sedang tidur di Pos 2.

 

Hal ini sering dibicarakan oleh banyak pendaki yang menginap di Pos 2 dan Pos 9 yaitu Pelawangan mempunyai mitos yang sangat populer terkait dengan keberadaan pasar setan. Konon banyak suara hantu yang terdengar oleh para pendaki di lokasi ini. Mitos tersebut kabarnya lumrah dan dialami oleh warga dan pendaki Dusun Brambangan.

 

5. Misteri Gerbang Gaib

  Misteri Pintu Gerbang Gaib Gunung Slamet, Terdapat Pemandangan 2 Pohon Raksasa Bernuansa Mistis  

Jalur pendakian Brambangan juga dekat dengan Pos Samarantau, dan rahasianya terletak pada penampakan dua pohon besar yang bentuknya seperti gerbang. Kedua pohon ini dianggap sebagai pintu gerbang menuju kerajaan magis. Pendaki yang tidak beruntung dipindahkan ke dimensi lain dan tidak akan pernah bisa kembali.

 

Namun jalur ini paling dekat dengan puncak Gunung Slamet. Oleh karena itu, jalur ini masih digunakan sebagai jalur pendakian utama. Untuk meminimalisir terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, pendaki diimbau untuk berhati-hati saat melintasi jalur ini.

     

Baca artikel 5 Makhluk Ghaib Jepang yang Paling Terkenal, Klik disini.

           

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *