5 MITOS YANG ADA DI GUNUNG TIDAR KOTA MAGELANG
Untitled 1 Gunung Tidar adalah gunung yang berada di tengah-tengah Kota Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan militer karena banyaknya kegiatan Akademi Militer (Akmil) yang dilakukan di gunung tersebut. Dalam legenda dikenal sebagai "Pakunya Tanah Jawa" ini terletak di tengah Kota Magelang. Berada pada ketinggian 503 meter dari permukaan laut. Gunung ini juga memiliki sejarah dalam perjuangan bangsa, di Lembah Tidar itulah Akademi Militer sebagai kawah candradimuka yang mencetak perwira pejuang Sapta Marga berdiri pada 11 November 1957. Hanya butuh waktu kurang dari 30 menit untuk sampai di puncak Tidar. Secara umum, gunung ini memang masih cukup alami. Banyak tanaman pinus dan tanaman buah-buahan tahunan seperti salak hasil penghijauan era tahun 1960an menjadikan Gunung sangat rimbun. Beberapa saat menapaki jalanan setapak pendakian kita akan bertemu dengan Makam Syaikh Subakir. Konon Syaikh Subakir adalah penakluk (meski tidak ada bukti meyakinkan akan cerita legenda ini) dengan mengalahkan para jin penunggu Gunung tersebut. Menurut legenda (hikayat), Syaikh Subakir berasal dari negeri Turki yang datang ke Jawa bersama kawannya yang bernama Syaikh Jangkung untuk menyebarkan agama islam di indonesia. Tidak jauh dari Makam Syaikh Subakir, kita akan berjumpa dengan sebuah makam yang panjangnya mencapai 7 meter. Itulah Makam Kyai Sepanjang. Kyai Sepanjang bukanlah sesosok alim ulama, tetapi adalah nama tombak yang dibawa dan dipergunakan oleh Syaikh Subakir mengalahkan jin penunggu kala itu. Situs makam terakhir yang kita jumpai sewaktu mendaki Gunung adalah Makam Kyai Semar. Namun menurut beberapa versi ini bukanlah makam kyai Semar yang ada dalam pewayangan. Tetapi Kyai Semar. Meski demikian banyak yang percaya ini memang makam Kyai Semar yang ada dalam pewayangan itu. Dan mana yang benar, adalah tinggal kita mau mempercayai yang mana.

Asal Nama

Asal muasal nama Gunung Tidar sendiri banyak versi. "TIDAR" memiliki makna MUKTI dan Kadadar. MUKTI memiliki makna bahagia, berpangkat, dan sukses dalam hidup, sedangkan KADADAR berarti didik, ditempa, dan diuji. Karena itu, Gunung Tidar atau Mukti dan Kadadar memiliki makna “Siapa yang ingin hidup bahagia, berpangkat dan sukses maka harus siap untuk dididik, ditempa dan diuji agar menjadi pribadi mumpuni dan tangguh”. Gunung Tidar juga dijuluki sebagai PAKU TANAH JAWA bagi masyarakat Jawa.

5 MITOS YANG ADA DI GUNUNG TIDAR

  1. Gunung Kematian
Bagi masyarakat setempat dinilai sangat angker, bahkan dari penamaan Gunung Tidar dianggap gabungan dari kata "MATI" dan "MODAR", diyakini setiap orang-orang yang mencoba mengunjungi tidak akan pernah bisa keluar dengan selamat. 2. Terdapat Beberapa Situs Makam di Gunung Tidar Di Gunung Tidar ini terdapat beberapa situs makam para tokoh yang disegani. Makam pertama adalah makam Syekh Subakir yang merupakan penakluk pertama. Syekh Subakir juga merupakan tokoh dalam proses penyebaran Agama Islam di Jawa Tengah. Tidak jauh dari makan Syaikh Subakir, terdapat pula makan Kyai Sepanjang. Namun uniknya, makan Kyai Sepanjang bukanlah milik tokoh seseorang, melainkan sebuah tombak yang berukuran panjang kepunyaan Syekh Subakir. Selain itu ada juga makam milik Kyai Semar.
      3. Gunung Tidar dijuluki Paku Tanah Jawa
Di puncak Gunung Tidar terdapat sebuah tugu dengan simbol huruf "SA" dalam tulisan jawa pada ketiga sisi tugu. Menurut juru kunci Gunung Tidar, makna huruf "SA" adalah SAPA, SALAH, SALEH yang artinya "Barang siapa yang melakukan kesalahan maka akan ketahuan salahnya. Itulah kenapa kemudian Gunung Tidar dipercaya sebagai Paku Tanah Jawa. Tugu pada puncak tersebut menjulang tinggi di tengah-tengah lapangan luas puncak Gunung Tidar.
     4. Lokasi Pelatihan Akademi Militer
Di sisi barat Gunung Tidar terdapat sebuah sekolah Akademi Militer (Akmil). Sebagian lahan di Gunung ini dimanfaatkan untuk kegiatan pelatihan militer. Bahkan para taruna di sana dijuluki dengan Macan Lembah Tidar. Tokoh di Indonesia yang lulusan Akademi Militer seperti Prabowo Subianto, Luhut Binsar Panjaitan, Susilo Bambang Yudhoyono dan masih banyak lagi lainya.

    5. Layak Menjadi Kebun Raya

Hingga saat ini, status Gunung Tidar adahal Hutan Kota. Namun menurut ilmuan LIPI, Gunung tersebut sudah layak dijadikan sebagai kebun raya karena memiliki sekitar 75 spesies tanaman.Namun, untuk menjadikan kawasan ini menjadi Kebun Raya, tentunya harus memiliki catatan lengkap spesies tanaman itu sendiri. Seperti asal usul tanaman hingga kapan penanamannya. Meski terkenal angker dan mistis, Masih layak untuk diteliti bukan? Buat kamu yang ingin mengetahui lebih banyak, bisa berkunjung menuju desa setempat dan bertanya langsung pada juru kunci itu sendiri. KESIMPULAN Gunung Tidar di Magelang adalah salah satu gunung yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang penting, Seperti contoh berikut: 1. Nilai Sejarah dan Budaya: memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu situs yang terkenal adalah Candi Tidar, yang merupakan kompleks kuil Buddha bersejarah yang berusia ribuan tahun. Tempat ini mencerminkan warisan budaya dan sejarah yang kaya di daerah tersebut. 2. Tempat Ibadah: Sering dijadikan tempat ibadah bagi umat Buddha. Banyak orang datang ke sini untuk bermeditasi, berdoa, dan merenung. Tempat ini juga dikenal sebagai lokasi ziarah. 3. Keindahan Alam: Selain aspek sejarah dan budayanya, juga menawarkan pemandangan alam yang indah. Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan, hutan, dan udara segar yang menyegarkan. 4. Aktivitas Rekreasi: Merupakan tempat yang populer untuk mendaki dan berjalan-jalan. Pengunjung dapat menjelajahi jalur-jalur hiking yang tersedia dan menikmati alam sekitarnya. 5. Pentingnya Konservasi: Upaya pelestarian dan perlindungan alam di sekitar gunung sangat penting untuk menjaga keindahan alam dan ekosistemnya. Jadi, Gunung ini adalah tempat yang memiliki nilai sejarah, budaya, dan alam yang signifikan, dan menjadi tujuan yang menarik bagi para wisatawan dan pencinta sejarah serta alam. Baca Juga: Gunung Tidar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *