6 Fakta G30S PKI Yang Jarang Diketahui!!

Akhir September kemarin, nama Partai Komunis Indonesia (PKI) pasti akan terlintas di benak dan masih dikaitkan dengan organisasi terlarang di Indonesia karena sejarah hitamnya. Namun ada beberapa fakta tentang PKI yang relevan dengan sejarah Gerakan 30 September PKI (G30S PKI).

Berdasarkan sejarah, perlu anda ketahui bahwa ada beberapa alasan untuk melarang dan menolak komunisme di Indonesia. Pasalnya, komunisme merupakan ideologi PKI sehingga dianggap sebagai ideologi berbahaya dan tidak boleh diterima di negeri ini. Sekitar waktu ini, terjadi pemberontakan besar-besaran oleh PKI, melancarkan gerakan perebutan kekuasaan dari pemerintahan yang sah pada tanggal 30 September 1965. Secara historis, peristiwa G30S PKI telah menimbulkan berbagai tindakan kekerasan dan intimidasi terhadap masyarakat Indonesia.

 

Mengutip berbagai sumber, Jumat (29 September 2023), berikut beberapa fakta PKI yang perlu diketahui masyarakat Indonesia terkait peristiwa G30S PKI.

 

1. Awal mula terbentuk PKI

Organisasi ini pertama kali didirikan dengan nama Persatuan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (Persatuan Vakbonden Hindia) pada tahun 1922 yang didirikan oleh Tan Malaka dan Semaun.

 

Dalam waktu dua tahun, organisasi tersebut berganti nama menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam upaya melawan pemerintah Belanda. Namun saat itu nama PKI masih sangat kecil dan pengikutnya hanya sedikit.

 

2. Melakukan pemberontakan G30S PKI

G30S PKI- Website Desa Penyabangan

 

Ada beberapa peristiwa yang mempengaruhi munculnya G30S PKI. Seperti pada tahun 1948, PKI mencoba memimpin pemberontakan di Madiun namun gagal. Kemudian, pemberontakan muncul kembali pada tahun 1950 dan mulai mengganggu politik Indonesia.

 

Awalnya PKI dengan cepat dibangun kembali oleh DN Aidit hingga pemilu 1955, PKI bergabung dengan lima partai besar Indonesia. Saat itu, kondisi sosial politik yang ada pada masa Demokrasi Terpimpin memungkinkan PKI semakin memperbesar pengaruhnya.

  PKI telah memimpin pemberontakan sebanyak tiga kali sepanjang sejarah, antara lain: - Pemberontakan Tahun Baru 1 Januari 1927 yang dikenal juga dengan Pemberontakan Silungkang. - Peristiwa Madiun, 18 September 1948. - Gerakan 30 September (G30S), 30 September 1965  

3. Menyebarkan pengaruh luas kepada masyarakat

PKI membawa pengaruh negatif ke masyarakat luas mulai dari seniman, jurnalis, guru, pelajar, dosen, intelektual bahkan perwira militer semuanya merasakan dampak PKI. Ketika pemberontakan G30S PKI berakhir, Mayjen Soeharto turun tangan mengarahkan penghancuran G30S PKI. Langkah pertama yang diambil adalah menetralisir dan menyadarkan satuan-satuan militer yang terkena dampak PKI.

 

4. TNI bergerak cepat untuk berantas PKI

Detik-detik Pasukan Sintong Panjaitan Lumpuhkan PKI, Senyap dan Secepat Kilat

Operasi pemusnahan G30S PKI perintah Soeharto dimulai pada sore hari tanggal 1 Oktober 1965. Satuan RPKAD di bawah komando Kolonel Sarwo Edhi Wibowo, serta pasukan Para Kujang/328 Siliwangi dan dengan bantuan beberapa kavaleri berhasil direbut kembali. gedung pusat RRI dan markas telekomunikasi tanpa menimbulkan korban jiwa.

 

Setelah berhasil menyelesaikan misinya, Sarwo mendapat apresiasi tinggi dan dekat dengan mahasiswa anti komunis. Mereka yang terlibat dalam G30S PKI semuanya ditangkap, bahkan ada yang diasingkan ke Pulau Nusakambangan atau Buru.

 

5. Kekejaman yang dilakukan PKI

4 Fakta tentang Film Pengkhianatan G30S/PKI - Citizen6 Liputan6.com

Pada tanggal 3 Oktober 1965 ditemukan lokasi penculikan dan pembunuhan perwira yang dilakukan oleh seluruh anggota PKI dan pendukungnya. Jenazah petugas ditempatkan di sumur berdiameter setengah meter dan kedalaman sekitar 12 meter yang kemudian dikenal dengan nama Sumur Lubang Buaya.

 

Setelah korban dievakuasi dari sumur tua, kemudia ditemukan jenazah oleh petugas polisi yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan sangat parah. Ini merupakan kesaksian bisu bagi rakyat Indonesia atas penderitaan mengerikan yang dialami para pahlawan revolusi sebelum kematiannya yang tragis.

 

6. Jasa yang tak terlupakan dari PKI

5 Fakta Monumen Pancasila Sakti, Dibangun untuk Mengenang G30S PKI

Salah satu jasa baik yang jarang diketahui orang adalah kedatangan Semaun di Moskow pada tahun 1926, di mana ia kemudian mengajar bahasa dan sastra Indonesia. Sementara itu, Tan Malaka, pendiri PKI, membangun sekolah gratis bagi masyarakat miskin agar mereka bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

 

Inilah informasi lengkap tentang fakta PKI yang jarang diketahui masyarakat luas. Sebagai peringatan bagi bangsa Indonesia besok tanggal 30 September, tidak ada salahnya mengetahui latar belakang sejarah terjadinya G30S PKI.

  Baca artikel lainya disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *