5 Makhluk Ghaib Jepang yang Paling Terkenal

Berbeda dengan di Indonesia, klasifikasi makhluk ghaib Jepang biasanya dibagi menjadi satu ras saja, dan manifestasi makhluk ghaib di Jepang biasa disebut yokai. Secara historis, dalam sejarah perkembangan Jepang, yokai sendiri dianggap terhubung dengan dunia manusia. Menurut kepercayaan dan budayanya, masyarakat Jepang seringkali mengagumi, menghormati, dan takut pada makhluk tak kasat mata ini.

 

Penampakan Yokai seringkali tidak masuk akal, dan kebanyakan dari mereka adalah setengah manusia dan setengah makhluk lainnya, maka dapat disimpulkan bahwa di Indonesia, persepsi masyarakat setempat adalah bahwa Yokai ini seperti penjelmaan setan, dan Yokai Hanya berstatus makhluk suci. dan makhluk kehancuran atau kemalangan terlihat seperti itu. Di antara sekian banyak cerita monster di Jepang, setidaknya ada lima yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

 

Macam-macam Makhluk Ghaib Jepang

Berikut adalah beberapa makhluk ghaib jepang yang terkenal di kalangan masyarakatnya:

   

1. Oni

  Oni - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Makhluk Ghaib Jepang  

Oni merupakan salah satu yokai terkenal yang sering muncul di serial Jepang, baik live-action maupun anime. Makhluk ghaib, Oni diyakini sebagai makhluk ghaib raksasa dengan tubuh terutama terbuat dari hitam dan merah serta memiliki tanduk. Selain itu, setan juga diyakini sering muncul di hadapan manusia dengan membawa pentungan, yang konon merupakan senjata mematikan.

 

Biasanya dia hanya perlu melukai satu pentungan dan orang tersebut akan mati. Karakter iblis dianggap kejam dan bengis. Sebelumnya, diyakini bahwa setan tinggal di neraka dan sering menghukum orang yang melakukan dosa ketika mereka masih hidup. Oleh karena itu, topeng iblis seringkali dijadikan representasi dari iblis paling jahat yang pernah ada.

 

2. Rokuro Kubi

  Rokuro-kubi | Yokai.com | Japanese folklore, Japanese art, Japanese urban legends  

Salah satu cerita yokai ( makhluk ghaib Jepang ) terpopuler yang sering diceritakan di Jepang adalah kisah Rokurokubi, manusia setengah ular dengan kepala memanjang. Ciri Rokuro kubi ini sering muncul di serial anime, opera, dan seni pertunjukan. Namun, berbeda dengan yokai lainnya, masih dipertanyakan apakah Kurokuro adalah seorang yokai atau manusia terkutuk. Karakter yang mirip dengan Rokurokubi ada di Jepang serta negara-negara Asia lainnya seperti Cina, Korea, dan Hong Kong.

 

3. Kappa

  Kappa (mitologi) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas  

Kappa adalah makhluk ghaib Jepang yang berwujud setengah manusia, setengah ikan, dan setengah katak. Kappa diyakini ada, dan hampir semua orang di daratan Jepang mengetahui sejarah mereka. Menurut legenda, Sosko Kappa memiliki tubuh yang dipenuhi tanaman hijau dan sirip di tangan dan kakinya. Selain itu, ciri khas kappa adalah adanya piring di kepalanya.

 

Dikatakan bahwa jika lempeng tersebut pecah atau mengering, kappa akan melemah dan mati. Orang Jepang percaya bahwa orang makhluk ghaib ini tinggal dan menetap di dekat perairan, seperti rawa. Makhluk ghaib Jepang ini mempunyai banyak penggemar, namun mereka dianggap sebagai monster yang tidak bisa dibiasakan oleh manusia. Makanan favorit Kappa adalah mentimun, sehingga sering kali mereka menyambar kaki orang terdekat agar tidak memakannya.

 

4. Tengu

  Tengu, makhluk terbang mistis dari Jepang! | Berita Jepang Japanesestation.com  

Kisah makhluk ghaib Jepang populer lainnya adalah kisah tengu yang bentuknya seperti manusia, namun memiliki hidung dan wajah berwarna merah serta sayap seperti bidadari. Persis seperti Tenguyama Hiteru, karakter dari serial One Piece. Kisah tengu sering diadaptasi menjadi serial anime dan beberapa program di Jepang. Bahkan tak jarang tengu dijadikan karakter game.

 

5. Azuki Arai

  Azuki Arai, Yokai Pencuci Kacang Azuki Yang Membawa Nasib Baik | Berita Jepang Japanesestation.com  

Terakhir ada kisah Azuki Arai, seorang karakter yokai yang dianggap sangat konyol dan memiliki tujuan hidup yang aneh yaitu mencuci kacang merah di sungai. Meski begitu, karakter Azuki sangat populer dan sering disebut-sebut oleh banyak orang. Namun kepribadian Azuki juga dianggap jahat dan sering melakukan hal-hal buruk seperti menculik orang.

 

6. Nopperabou

  cerita JEPANG Kuno “Nopperabou” | devitriyanti  

Nopperabou adalah salah satu makhluk ghaib jepang yang terkenal dikalangan masyarakat. Wajahnya terlihat seperti orang normal, tapi itu hanya ilusi. Nopperabou tidak memiliki mata, hidung, atau mulut seperti manusia pada umumnya. Namun Nopperabou memiliki kulit yang lembut. Pengunjung Nopperabou biasanya tidak langsung menyadari bahwa mereka sedang bertemu dengan makhluk dari dunia lain. Pasalnya, makhluk tersebut memberikan ilusi memiliki wajah manusia normal.

 

Nopperabouu menunggu saat yang tepat sebelum menakuti orang yang diajak bicara dengan menghapus wajah mereka. Nopperabou sering ditemui pada malam hari di desa yang sepi, namun mereka juga dapat muncul di lokasi mana pun yang sepi. Tujuan utama Nopperabou hanyalah untuk menakut-nakuti orang, namun lebih dari itu dia tidak membahayakan korbannya. Salah satu cerita paling terkenal tentang Nopperabou adalah Mujina karya Lafcadio Hearn. Ini adalah cerita pendek yang menggambarkan pertemuan dengan Nopperabou ala film Barat. Tokoh dalam cerita ini adalah makhluk mirip musang sehingga berbeda dengan cerita rakyat Jepang.

   

Baca artikel 5 Misteri di Benua Antartika yang Paling Menakjubkan, Klik disini.

           

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *