6 Teori Konspirasi Yang Terkenal Di Dunia

Siapa sih yang tidak tahu konspirasi? pastinya kita semua tidak asing dengan konspirasi atau pernah mendengarnya di suatu tempat. Pada zaman informasi yang begitu cepat dan mudah diakses seperti sekarang, kita seringkali dihadapkan pada berbagai konten yang mungkin mencakup spekulasi, teori konspirasi, dan pandangan alternatif. Berikut ini adalah teori-teori konspirasi yang terkenal di dunia.

 

1. Konspirasi Balik Pembunuhan JFK

Pada tanggal 22 November 1963, John F. Kennedy Jr, yang juga dikenal sebagai JFK, Presiden Amerika Serikat ke-35, meninggal dunia setelah dua timah panas ditembakkan ke kepala dan lehernya. Peristiwa itu terjadi saat JFK sedang berkunjung ke Dallas, Texas. Keesokan harinya, Lee Harvey Oswald, yang dituduh membunuh John F. Kennedy, ditahan. Tetapi, setelah dua hari, saat dalam perjalanan menuju penjara, Oswald terbunuh. Pemilik klub malam Texas Jack Ruby membunuh Oswald.

Misteri abadi yang masih meliputi pembunuhan Presiden AS John F Kennedy - BBC News Indonesia

Kejadian ini sangat menggemparkan dunia saat itu, Mengingat fakta bahwa terlepas dari kepopuleran JFK di mana-mana dan penampilannya yang mempesona, kematiannya ini terjadi di bawah sinar matahari. Tak hanya itu, tersangka pembunuhan pun dibunuh sebelum memberikan jawaban. Berdasarkan laporan FiveThirtyEight pada tahun 2017, kejanggalan yang terjadi membuat 61% masyarakat Amerika menerima adanya konspirasi dibalik kasus kematian JFK.

Berbagai macam spekulasi juga mulai bermunculan, salah satu yang paling terkenal adalah CIA membunuh JFK sebagai pembalasan atas kekecewaan atas gagalnya invasi teluk babi yang menggulingkan pionir Kuba, Fidel Castro. Teori konspirasi berikutnya adalah bahwa Oswald bukanlah satu-satunya orang yang membawa senjata. Mengingat bahwa House Select Committee on Assassinations (HSCA) belum memverifikasi teori ini, kita tidak bisa disalahkan jika mempercayainya. Konspirasi terakhir memperkirakan bahwa kematian tersebut merupakan pembunuhan massal yang diakibatkan atas Bobby Kennedy yang menghukum mafia.

   

2. Konspirasi Pendaratan di Bulan itu Palsu

Astronot luar angkasa Neil Armstrong dan Buzz Aldrin adalah orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada bulan Juli 1969. Selama tahun 1970-an, 30% orang Amerika saat itu mempercayai bahwa pendaratan mereka di bulan itu palsu. Penulis William Kaysing kemudian menuliskan buku berjudul "We Never Went to The Moon: America’s Thirty Billion Dollar Windle". Buku ini merupakan sebuah sindiran. Terlepas dari sindiran dalam buku tersebut, William pada akhirnya percaya pada konspirasi tersebut.

They Kinda Want to Believe Apollo 11 Was Maybe a Hoax - The New York Times

Dalam bukunya, William menggambarkan ketika seorang astronot luar angkasa menginjakkan kaki pertama kali di bulan . Gambaran ini dia buat berdasarkan pada film yang ditayangkan langsung di televisi. Meskipun demikian, William menyebutkan bahwa foto tersebut benar-benar dia ambil di Area 51 di Nevada.

   

3. Konspirasi Kematian Putri Diana

Kecelakaan mobil yang menewaskan Putri Diana dan kekasihnya Dodi Fayed di terowongan Place de L'Alma pada tahun 1997 di Paris bukanlah sebuah kecelakaan. Dodi Fayed yang merupakan seorang produser film asal Mesir berniat melamar Putri Diana pada malam kejadian tersebut. Konspirasi saat itu mulai bermunculan, karena kejadian tersebut hanya berselang setahun sejak perceraian Putri Diana dan Pangeran Charles.

Konspirasi Hebat Kematian Putri Diana, Apa Iya No 5 Paling Masuk Akal? - Semua Halaman - Nakita

Teori konspirasi tersebut mengatakan bahwa mereka dibunuh dengan alasan pemerintah tidak sanggup menahan bahwa putra dari Putri Diana dan Penguasa Charles, penerus utama posisi istimewa Inggris memiliki ayah tiri Mesir dan Muslim. Konspirasi lainnya adalah pengemudi limusin, Henri Paul, mabuk dan tidak sengaja menabrakkan kendaraannya. Para konspirator percaya bahwa Paul, yang merupakan pemimpin Hotel Ritz di Paris, dibayar oleh sekelompok orang yang sangat menginginkan kematian dari Putri Diana.

   

4. Teori Konspirasi Dibalik Tragedi 9/11

Masyarakat memasang bunga mawar di atas nama para korban pengeboman terroris World Trade Center tahun 1993. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 9 September 2001, Twin Tower di New York di serang oleh terrorist. Peristiwa yang dikenal sebagai serangan 11 September dimulai ketika dua pesawat bertabrakan dengan Twin Tower, pesawat ketiga bertabrakan dengan Pentagon di Washington DC, dan pesawat keempat bertabrakan dengan lapangan di luar Shanksville, Pennsylvania.

21 Tahun Berlalu, Ini 5 Fakta Soal 9/11 yang Belum Banyak Diketahui - Global Liputan6.com

Peristiwa tersebut kemudian dikenal sebagai tragedi 9/11. Serangan rasa takut ini menewaskan hampir 3000 orang, dan ribuan lainnya terluka, dan 2000 orang yang bertugas pada akhirnya kehilangan nyawa mereka karena penyakit karena bekerja di Ground Zero. Teori konspirasi pun mulai bermunculan mengatakan bahwa organisasi Presiden George W. Shrub sengaja membiarkan 9/11 atau mengetahui bahwa 9/11 akan terjadi dan mengizinkannya karena pemerintah ingin berperang di Afghanistan dan Irak untuk mendapatkan minyak.

   

5. Teori Konspirasi Bahwa Bumi Itu Datar?

Kelompok yang percaya bahwa bumi itu datar mempunyai spekulasi berbeda tentang bagaimana menurut mereka bumi ini sebenarnya terbentuk. Meskipun demikian, sebagian besar masyarakat menerima bahwa bumi merupakan lempeng datar dengan es di sekelilingnya. teori lainnya juga mengatakan bahwa Bumi sebenarnya datar, dengan sebuah kubah langit yang melingkupinya. Teori konspirasi lainnya juga mengatakan bahwa ada dinding es di sekitar Kutub Selatan yang mencegah kita untuk melihat apa yang ada di luar sana, Teori ini juga mengatakan bahwa pemerintah-pemerintah dunia menjaga rahasia ini agar para masyarakat tidak mengetahui bahwa Bumi itu adalah datar.

Teori Konspirasi Bumi Datar

Teori ini juga sering dikaitkan dengan kutub selatan yang dijaga ketat oleh para pemerintah dunia dan adanya larangan terbang kesana semakin mereka meyakini tentang konsep Bumi datar.

   

6. Konspirasi Covid-19 Sebagai Pengendali OverPopulasi

Pandemi virus corona masih belum selesai, dan masih banyak trik seputar virus corona yang beredar. Seperti microchip yang dimasukkan ke dalam vaksin untuk melacak orang, peningkatan jumlah kematian, dan penggunaan virus corona oleh Bill Gates untuk mengendalikan overpopulasi.

Coronavirus (COVID-19) Update for Servy Institute for Reproductive Endocrinology Patients - IVF Doctors Wiki

Teori konspirasi-konspirasi ini sudah banyak dibantah, namun kenyataannya tetap muncul di mata publik. Ada yang mengatakan bahwa Covid-19 ini ada hubungannya dengan Presiden Donald Trump yang mengatakan bahwa Corona tidak lebih mematikan daripada influenza musiman, dan suatu hari nanti penyakit itu akan "hilang seperti kejadian supernatural", Menurut para ahli lainnya, dikatakan sebagai “senjata biologis”.

   

Nah itu tadi konspirasi-konspirasi terkenal di dunia, Bagaimana apakah kalian orang yang percaya konspirasi? Atau hanya orang menikmati teori-teori konspirasi? Baca yang lainnya juga disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *