7 Hantu Menyeramkan Dari Korea

Korea itu seperti yang kita tahu, tidak hanya terkenal dengan Dramanya, Boy Band nya, dan Girl Band nya, namun hantu-hantunya juga populer karena seringkali muncul di drama mereka. Untuk para pecinta Drama Korea sepertinya sudah tak asing lagi, Kalau membahas Gwishin atau hantu-hantu menyeramkan Korea. Ada apa aja sih hantu-hantu Korea yang terkenal? Dan mari kita bahas beberapa.

Hantu Menyeramkan

Dalgyal-gwishin

Yang pertama Dalgyal-gwishin. Dalgyal-gwishin atau Hantu telur ini mempunyai wujud yang mengerikan, Yaitu bentuk wajahnya rata, Jadi wajahnya ini tidak memiliki mata, hidung, mulut, telinga, oleh karena itu Dalgyal-gwishin ini sering disebut sebagai hantu telur. Hantu menyeramkan ini sangat ditakuti oleh warga Korea, karena siapa saja yang melihat sosok ini bisa dipastikan terkapar dan meninggal saat itu juga. Hantu ini sering ditemui di daerah pegunungan.

Hantu Menyeramkan
Hantu Menyeramkan "Dalgyal-gwishin"

Hantu ini juga dikatakan oleh beberapa orang yang selamat setelah melihatnya, Hantu ini juga tidak memiliki tangan dan kaki. Di Jepang juga ada versi hantu telur ini namanya Noppera-bo, Sementara itu di Hawaii juga ada namanya Mujina. Di Korea sendiri asal ceritan Dalgyal-gwishin ini berasal dari Paju, Gyeonggi-do.

 

Mul-gwishin

Selanjutnya Mul-gwishin. Mul-gwishin atau biasa dikenal hantu air ini seringkali muncul di tempat-tempat terdapat genangan air misalnya laut, danau, sungai, waduk, atau bahkan kamar mandi. Penampilannya ini sering digambarkan dengan sosok wanita berambut panjang, dengan tangan yang panjang, dan pakaian yang selalu basah.

Misteri Penampakan Kuntilanak Air
Hantu Menyeramkan "Mul-gwishin"

Hantu ini akan  menarik korbannya ke bawah air sampai tenggelam, Gerakannya juga sangat cepat dan bahkan bisa mengejar orang yang ahli berenang. Hantu menyeramkan ini sangat jarang memperlihatkan dirinya secara utuh, Dan biasanya hanya lengannya saja, atau sesekali kepala muncul di atas air. Menurut legenda Mul-gwishin ini berasal dari kisah orang yang tenggelam. Kalau kalian masih penasaran dengan Mul-gwishin ini, kalian bisa menonton film Dead Friend tahun 2004.

 

Cheukshin

Berikutnya ada Cheukshin, Nah tadi kita sudah membahas Hantu air, sekarang kita ke Hantu toilet atau Cheukshin. Berbeda dengan Mul-gwishin yang butuh genangan air untuk muncul, Cheukshin ini hanya berada di kamar mandi. Biasanya dia digambarkan sebagai sosok wanita perawan berambut panjang dan menggantung di langit-langit toilet.

Amit-amit! Jangan Sampai Ketemu 6 Hantu Legendaris ini Kalau Jalan-Jalan ke Korea Selatan - BERNAS.id
Hantu Menyeramkan "Cheukshin"

Rambut panjangnya ini kemudian digunakan untuk menyerang korbannya, Terutama mereka yang suka mengotori dan merusak toilet, Nah itulah kenapa kamar mandi Korea itu bersih-bersih? Menurut mitos, batuk 3 kali bisa membuat hantu menyeramkan ini pergi dari kamar mandi.

 

Cheonyeo-gwishin

Selanjunya ada Cheonyeo-gwishin atau hantu kuntilanak versi Korea, Atau biasa disebut dengan hantu perawan. Hantu ini memiliki penampilan berambut panjang sampai menutupi semua wajahnya, pakaiannya serba putih panjang, matanya yang berdarah sering membuat orang ketakutan ketika dia muncul tiba-tiba.  Siapa aja yang ditakuti oleh Cheonyeo-gwishin?

Mengapa Hantu yang Populer di Indonesia Identik dengan Perempuan?
Hantu Menyeramkan "Cheonyeo-gwishin"

Biasanya yang ditakut takuti oleh Cheonyeo-gwishin ini adalah pasangan yang baru saja menikah supaya hubungan mereka tidak langgeng dan punya nasib yang sama seperti hantu ini. Cheonyeo-gwishin ini asalnya adalah perawan yang belum sempat menikah dan dia memendam kebencian yang kuat dan bangkit sebagai hantu.

Munshin

Berikutnya Munshin, Munshin atau biasa disebut dewa pintu adalah penyebab dari barang-barang rumah suka bergerak sendiri tanpa sebab. Kalian pasti pernah mengalami pintu yang terbuka dan menutup dengan sendirinyakan? Nah, kalau di Korea itu adalah ulah dari si Munshin ini. Dewa pintu ini bermukim di sudut pintu rumah dan suka mengagetkan penghuninya, karena dianggap sebagai dewa, sebagian orang Korea melakukan penyebahan kepada Munshin dan biasanya orang-orang di pulau Jeju.

7 Hantu Korea Paling Seram, Bikin Merinding!
Dewa Pintu "Munshin"

Nama ritualnya adalah Mujeonje, ritual ini dilakukan di bulan Januari atau Maret. Dalam ritual ini, seorang dukun akan memenggal seekor ayam jantan, kemudian darahnya disemprotkan ke pintu dan kepala nya dikubur. Mereka percaya kalau ritual ini akan mencegah Munshin  muncul dan menggangu mereka.

 

Dokkaebi

Selanjutnya ada Dokkaebi, Dokkaebi adalah goblin dan dia adalah sosok makhluk legenda yang terkenal di Korea, Dan daripada ke sosok hantu, sebenarnya goblin ini lebih pantas disebut sebagi makhluk mitologi sih. Berbeda dengan gambarannya di Drakor, Goblin wajahnya hampir mirip dengan wajah topeng barong yang familiar di Indonesia. Dokkaebi ini terkenal jahil dan usil, Dia sering memakai kekuatannya untuk mencuri, menyihir, dan menggoda manusia, Caranya dengan berubah menjadi wanita cantik. Diceritanya dia juga bisa memunculkan emas padahal aslinya itu hasil curian, Jadi Goblin ini terkesan negatif tetapi, Padahal kadang-kadang dalam beberapa kesempatan dia juga sering membantu manusia.

Dokkaebi Mythology - Mythlok
Goblin Jahil "Dokkaebi"

Dokkaebi ini berasal dari alat-alat rumah tangga yang sudah tak terpakei dan dibuang. Contohnya keranjang, saringan, sapu, Intinya benda-benda yang pernah terkena darah manusia. Dia biasanya muncul di sudut gelap dan lembap.

 

Gumiho

Terakhir ada Gumiho, Berbeda dengan Kitsune dalam mitologi Jepang, Kalau di Jepang masih ada sisi baiknya, Tetapi Gumiho ini benar-benar jahat. Awalnya dia menggoda pria dengan mengambil penampilan sebagai gadis cantik, Setelah pria itu tertarik, Gumiho ini akan berubah dan memakan manusia itu hidup-hidup.

Gumiho: Legenda Siluman Rubah Berekor Sembilan dari Korea Halaman 1 - Kompasiana.com
Siluman Rubah Ekor 9 "Gumiho"

Gumiho ini bisa menjadi manusia kalau dia memakan 100 hati laki-laki atau menikahi seorang laki-laki selama 100 hari tanpa ketahuan identitasnya. Asal-usul Gumiho ini ada disebuah dongeng tradisional Korea Fox Sister. Bercerita tentang seorang anak perempuan yang ternyata berubah wujud menjadi rubah berekor 9 dan memakan seluruh anggota keluarganya, Tetapi di akhir dia gagal dan akhirnya dia terbakar oleh api. Gumiho ini sangat terkenal dan karena ceritanya menarik, dia sering ada di film-film dan juga Drakor.

Nah itu tadi para hantu-hantu menyeramkan dari Korea, Walaupun belum semuanya namun hantu-hantu tadi cukup lumayan terkenal, Dan banyak dari hantu-hantu diatas sering muncul di Drama Korea. Baca yang lainnya juga disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *