Bom Atom Hingga Propaganda LGBT, Bongkar Teori Konspirasi Kartun Spongebob Squarepants
Spongebob Squarepants adalah salah satu serial kartun yang sangat terkenal di dunia. Pertama kali ditayangkan sekitar tahun 1999, kartun ini menceritakan tentang kehidupan makhluk laut yang tinggal dikota bernama Bikini Bottom dengan cerita jenaka dan karakter yang unik. Namun, dibalik kisah yang jenaka serta karakternya yang unik kartun ini menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Ketidakjelasan detail cerita disertai dengan simbol dan makna tersembunyi pada beberapa adegan sepanjang serial ini berlangsung, memunculkan berbagai teori konspirasi diantara para penggemar. Berbagai teori kontroversial sering menjadi perbincangan warganet sebagai kisah dibalik pembuatan kartun Spongebob Squarepants ini. Lalu, apa saja teori-teori yang dipercaya menjadi latar belakang penciptaan semesta kartun Spongebob Squarepants ini?

Berikut teori-teori populer yang meliputi kisah kartun Spongebob Squarepants.

  1. Bikini Bottom adalah tempat uji coba senjata nuklir.

    download 1 1 Tempat tinggal para karakter dalam kartun Spongebob Squarepants ini adalah kota bernama Bikini Bottom. Kota ini diduga merupakan representasi dari tempat yang ada didunia nyata yaitu Bikini Atoll. Nama Bikini Bottom dipercaya diambil dari nama Bikini Atoll tersebut. Bikini Atoll sendiri merupakan sebuah daerah dilepas samudera Pasifik yang pernah di gunakan sebagai lokasi uji coba senjata nuklir Amerika pada masa perang dunia II sekitar tahun 1940-an sampai dengan 1950-an. Sekitar 23 senjata nuklir pernah di uji coba di Bikini Atoll. Mengakibatkan lautan sekitar Bikini Atoll tercemari oleh radiasi dari ledakan nuklir tersebut. Dan sisa-sisa ledakan untuk uji coba senjata nuklir yang tenggelam mendasari terbentuknya kota dibawah laut Bikini Bottom. Sisa radiasi nuklir yang ikut tenggelam itulah yang menyebabkan mutasi pada makhluk laut sehingga menciptakan Spongebob Squarepants dan kawan-kawan. Beberapa hal yang menguatkan kebenaran teori tersebut adalah seringnya menampilkan simbol radioaktifvitas seperti radiasi hijau dan referensi ledakan bom nuklir dalam beberapa episode. Meskipun banyak bukti yang menguatkan teori tersbut, Stephen Hillenburg selaku pencipta dari kartun Spongebob Squarepants sendiri tidak pernah mengkonfirmasi kebenaran dari teori ini. Namun hingga sekarang cerita ini masih diyakini oleh sebagian besar penggemar.
  2. Formula rahasia dari Krabby Patty

    download 2 1 Dalam kartun ini Spongebob Squarepants bekerja disebuah restoran yang paling terkenal di Bikini Bottom bernama Krusty Krab yang dimiliki oleh seekor kepiting yaitu Tuan Krab. Dan menu utama yang membuat restoran ini terkenal adalah Krabby Patty yang memiliki sebuah bahan rahasia dalam resepnya yang sangat dirahasiakan. Bahan rahasia yang tidak pernah terungkap tersebut, menimbulkan banyak perdebatan diantara para penggemar dan melahirkan beberapa teori konspirasi. Salah satu teori yang juga bisa dibilang cukup masuk akal mengatakan bahwa, ternyata bahan rahasia tersebut adalah daging kepiting lainya. Namun ada kemungkinan bahwa teori ini tidak benar. Tuan krab sendiri merupakan karakter yang cinta uang dan bisnisnya, jadi dia sangat menjaga kerahasiaan resep krabby patty dengan sangat ketat. Menggunakan daging kepiting lain akan sangat beresiko dan akan mengungkapkan rahasianya serta akan menghancurkan bisnisnya. Meskipun dalam beberapa episode dimana beberapa karakter lain berusaha mengetahui resep rahasianya, tapi belum ada yang benar-benar berhasil. Mungkin ada kemungkinan Krabby Patty bukan hanya tentang daging kepiting. Hidangan ini mungkin mengandung perpaduan khusus dari bahan-bahan khusus dan bumbu rahasia yang membuatnya istimewa. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa ciri utama Krabby Patty adalah rasanya yang lezat dan bukan sekadar bahan rahasianya. Pada akhirnya, resep rahasia Krabby Patty masih menjadi misteri yang belum terpecahkan di dunia Bikini Bottom. Dalam dunia animasi yang menarik ini, rahasia-rahasia ini adalah bagian dari pesona dan daya tarik yang membuat Krusty Krab dan makanan ikoniknya tetap menjadi pusat perhatian dan mungkin tidak akan pernah cukup terungkap. Seiring berjalannya waktu, teori konspirasi ini tetap menjadi topik menarik dan akan terus membuat para penggemar penasaran dengan isi sebenarnya dari Krabby Patty lezat ini.
  3. Episode terakhir: Kematian spongebob squarepants

    spongebob squarepants Pada sebuah episode, ada salah satu scene yang memperlihatkan squidward membaca sepucuk surat dan memperlihatkan foto jasad Spongebob Squarepants. Surat tersebut merupakan pesan terakhir dari squidward untuk spongebob yang berisikan beberapa kenangan bersama.
    Krusty Krab akhirnya dijual oleh Tuan Krab kepada musuh bebuyutannya, Plankton.
    Karena sudah tidak ada lagi koki yang mampu menandingi kehebatan SpongeBob, Krabby Patties pun tak lagi sepopuler dulu.  
    Siput peliharaan SpongeBob, Gary, diadopsi oleh Squidward dan Sandy berhenti meneliti karena SpongeBob tidak lagi bersamanya.
    Sahabatnya, Patrick, mengalami depresi berat setelah ditinggal pergi dan akhirnya menyusul sahabatnya, dan dimakamkan di sebelah SpongeBob.
    Namun, penting untuk dicatat bahwa teori ini tidak didukung oleh bukti dalam cerita utama serial ini. Sejauh ini, tidak ada episode resmi yang menunjukkan kematian Spongebob atau adegan yang menunjukkan foto jasadnya. Setelah ditelusuri episode tersebut merupakan fanmade atau karya fiksi yang dibuat oleh fans "Spongebob Squarepants" adalah serial animasi komedi yang menghibur dan kadang-kadang mengharukan, tetapi itu bukanlah serial yang berfokus pada kematian karakter utama. Karakter Spongebob dan teman-temannya terus hidup dalam dunia yang penuh dengan petualangan dan humor slapstick.   Jadi, teori tentang kematian Spongebob adalah salah satu yang tidak memiliki dasar dalam cerita resmi dan lebih merupakan hasil kesalahpahaman dari penggemar yang menganggap bahwa episode tersebut asli, sedangkan episode tersebut adalah buatan dan tidak resmi. Seri ini tetap mempertahankan karakter-karakternya dan suasana yang khas yang telah memikat penggemar selama bertahun-tahun, tanpa kisah tragis seperti kematian karakter utama.
  4. Spongebob Squarepants adalah bagian dari komunitas LGBTQ+

    https://x.com/Nickelodeon/status/1271795092391682048?s=20 Pada bulan juni 2020, akun twitter atau mungkin sekarang disebut dengan X resmi Nickelodeon membuat heboh dengan postingan yang dianggap sebagai konfirmasi bahwa karakter Spongebob Squarepants adalah bagian dari komunitas LGBTQ+. Dalam postingan tersebut, Nickelodeon menampilkan gambar Spongebob Squarepants, aktor transgender Kanada Michael Cohen, yang memerankan Schwoz Schwartz di Henry Danger serta Korra dari animasi di The Legend of Korra. Dengan menambahkan caption “Celebrating #PrideMonth with the LGBTQ+ community and their allies this month and every month.” Sebagian kalangan menganggap ini sebagai pengakuan resmi dari Nickelodeon bahwa Spongebob adalah bagian LGBTQ+. Nickelodeon sendiri tidak pernah secara terus terang mengonfirmasi identitas seksual dari sepongebob maupun karakter lainnya. Sebenarnya dalam postingan tersebut mereka hanya menunjukkan dukungan untuk komunitas LGBT dalam rangka perayaan Pride Month. Karakter Spongebob Squarepants digunakan sebagai ikon  populer yang disukai banyak kalangan. Klaim yang mengatakan bahwa postingan tersebut merupakan konfirmasi sepongebob sebagai gay, tidak pernah dikonfirmasi oleh Nickelodeon secara langsung. Mereka tidak pernah mengonfirmasi orientasi seksual para karakter dari animasi Spongebob Squarepants dan sengaja dibiarkan ambigu agar bisa dinikmati semua kalangan. Kontroversi ini menunjukkan bahwa teori konspirasi telah diadaptasi oleh masyarakat. Pada akhirnya, Nickelodeon menolak untuk memberikan konfirmasi apa pun tentang hal ini dalam postingan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *