Fakta Menarik Tentang Area 51, Tempat Paling Misterius di Amerika Serikat

Salah satu alasan kita tidak dapat sepenuhnya mengetahui apa yang terjadi di Area 51 adalah karena Area 51 adalah fasilitas militer yang sangat rahasia. Baru pada tahun 2013 pemerintah AS mengakui keberadaan dan nama Area 51. Informasi ini muncul sebagai bagian dari serangkaian dokumen yang dirilis melalui permintaan Freedom of Information Act. Hal ini memungkinkan warga dan organisasi biasa untuk meminta pemerintah AS memberikan rincian tentang kegiatannya.

 

Dalam kasus ini, permintaan tersebut berujung pada dikeluarkannya informasi rahasia CIA sebelumnya tentang sejarah pengembangan dan pengujian pesawat mata-mata U-2. Informasi ini juga menunjukkan di mana pesawat itu diuji: Area 51! Sebagai sejarawan keamanan nasional, saya tahu bahwa Area 51 memiliki sejarah kerahasiaan yang panjang. Kita juga tahu bahwa tidak satupun dari misteri ini ada hubungannya dengan alien.

 

Apa Itu Area 51?

Pangkalan yang biasa disebut Area 51 ini terletak di daerah terpencil di selatan Nevada, sekitar 100 mil (161 kilometer) dari Las Vegas. Pangkalan tersebut terletak di jantung Kawasan Uji dan Pelatihan Angkatan Udara A.S. di Nevada, yang sekarang dikenal sebagai Fasilitas Keamanan Nasional Nevada, dan berada dalam Jangkauan Angkatan Udara Nellis yang lebih luas.

  Berkas:Wfm Area 51 map en.png - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas  

Area 51 adalah nama peta untuk suatu area di dalam Kawasan Keamanan Nasional Nevada. 51 adalah nama peta untuk area di dalam Kompleks Keamanan Nasional Nevada tempat pemerintah melakukan operasi rahasia. Lapangan terbang Area 51 disebut Bandara Homey, dan seluruh fasilitasnya sering disebut sebagai Danau Groom. Groom Lake merupakan danau garam atau danau kering yang berdekatan dengan bandara.

 

Sejarah Area 51

Pada masa-masa awal Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, kedua negara berupaya mengembangkan teknologi baru yang dapat memberikan kekuatan lebih pada satu negara dibandingkan negara lainnya. Prestasi ilmiah seperti roket dan senjata, serta informasi yang tak terhitung jumlahnya tentang cara menanam lebih banyak pangan dan memproduksi bahan bakar dengan lebih efisien, dirahasiakan demi alasan keamanan nasional.

 

Untuk mencegah terjadinya perang dunia kembali, perlu dikembangkan teknologi untuk mengetahui apa yang dilakukan musuh, yaitu mengembangkan teknologi pengawasan yang dapat memantau musuh. Informasi tentang inovasi baru dalam bidang pesawat terbang dan senjata yang dikumpulkan melalui teknologi pengawasan yang baru dan lebih baik sangat penting bagi pemerintah.

 

Artinya informasi pengawasan dan teknologi yang digunakan untuk memperolehnya dijaga ketat sebagai rahasia keamanan nasional. Dari tahun 1940-an hingga berakhirnya Perang Dingin pada tahun 1991, hanya sedikit orang di pemerintahan Amerika Serikat dan Uni Soviet yang mengetahui rahasia ini.

  U-2, pesawat mata-mata tua yang terlalu berharga untuk dipensiunkan - BBC News Indonesia Area 51  

Inti dari semua ini adalah pesawat mata-mata U-2 AS. Pesawat ini dirancang untuk terbang lebih tinggi dari pesawat lain dan terbang melintasi target di seluruh dunia untuk mengambil foto dan pengukuran resolusi tinggi. Area 51 dipilih untuk menguji U-2 pada tahun 1955 karena lokasinya yang terpencil membantu menjaga kerahasiaan pesawat ruang angkasa tersebut.

 

Area 51 menjadi tempat uji coba pesawat rahasia baru lainnya. Ini termasuk A-12, pesawat pengintai yang terbang cepat mirip dengan U-2. A-12 pertama kali terbang di Bandara Homey pada tahun 1962. Pesawat ini memiliki bagian tengah berbentuk cakram yang menonjol untuk membawa bahan bakar tambahan. Bentuknya dan bodi titaniumnya yang mengkilat mungkin membuat sebagian orang melaporkan melihat kapal berbentuk bola, yang juga dikenal sebagai piring terbang.

 

Pesawat penting dan berbentuk aneh lainnya yang pertama kali diuji di Area 51 adalah pesawat tempur siluman F-117. Pesawat ini pertama kali terbang ke Bandara Homey pada tahun 1981.

  Jangan Salah, F-117 Nightawk Juga Bisa Dogfight Lhoo – MiliterMeter.com Area 51  

Rahasia dan Kontroversi

Pada tanggal 17 Juni 1959, berita utama di Reno Evening Paper berbunyi: "Lebih Banyak Benda Terbang Terlihat di Langit Clark." Laporan mengenai benda terbang tak dikenal pada tahun 1950an dan 1960an menimbulkan kontroversi dan perhatian terhadap Area 51. Ada tiga alasan utama untuk ini:

  1. Area 51 sangat rahasia dan tidak dapat diakses oleh masyarakat umum.
  2. Area ini merupakan tempat uji coba pesawat rahasia yang bergerak lebih cepat dari yang diperkirakan.
  3. Era Perang Dingin adalah masa ketegangan politik, dan banyak sekali film dan acara TV tentang alien pada saat itu.
 

Rahasia dapat menimbulkan spekulasi liar jika pemerintah karena alasan tertentu tidak memberitahukan kebenaran yang sebenarnya kepada publik. Kerahasiaan dapat memberi ruang bagi berkembangnya teori konspirasi.

 

Area 51 tetap ditutup untuk lalu lintas udara sipil dan militer sepuluh tahun setelah pemerintah mengakui keberadaannya. Kerahasiaan pemerintah selama enam puluh delapan tahun telah memicu ketidakpercayaan, spekulasi, dan teori konspirasi. Teori konspirasi ini mencakup pesawat luar angkasa alien yang jatuh, eksperimen alien, dan bahkan alien yang bekerja di Area 51.

  From Las Vegas: Area 51 Full-Day Tour | GetYourGuide  

Ada penjelasan yang lebih sederhana atas apa yang dilihat para saksi di dekat Area 51. Namun, publik kini mengetahui kapan dan apa yang diuji di Area 51. Misalnya, ketika penerbangan U-2 dan A-12 meningkat pada tahun 1950an dan 1960an, penampakan UFO lokal juga meningkat. Laporan mengenai jatuhnya dan pendaratan UFO juga meningkat, seiring dengan terus berlanjutnya kecelakaan balon dan pesawat serta eksperimen rahasia dengan teknologi baru dan peralatan Soviet yang direbut.

 

Faktanya, banyak penampakan UFO yang hampir sama persis dengan tanggal dan waktu penerbangan pesawat eksperimental yang diklasifikasikan pada saat itu. Diketahui juga bahwa prototipe dan versi baru drone tersebut telah diuji di lapangan. Lagi pula, tidak ada alasan untuk percaya bahwa pemandangan dan suara aneh di Area 51 adalah sesuatu yang lain selain teknologi sehari-hari.

  Baca artikel 7 Fakta Paling Menyeramkan Jalur Alas Roban, Tempat Pembuangan Mayat, klik disini.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *