Ngeri !! Inilah 5 Legenda Paling Seram di Indonesia

Salah satu cerita rakyat yang tumbuh subur di masyarakat Indonesia adalah cerita legenda perkotaan atau urban legend. Biasanya, kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, bahkan kisah moral. Indonesia juga memiliki banyak sekali legenda yang menyeramkan. Beberapa di antaranya bahkan telah menjadi cerita rakyat yang populer dan diceritakan turun-temurun dari generasi ke generasi.

Berikut adalah beberapa legenda paling seram di Indonesia :

 
  • Si Manis Jembatan Ancol
Ngeri !! Inilah 5 Legenda Paling Seram di Indonesia
Gambar 1. Si Manis Jembatan Ancol

Si Manis Jembatan Ancol merupakan salah satu legenda paling terkenal di Indonesia. Cerita ini mengisahkan tentang seorang gadis cantik bernama Maryam yang diperkosa dan dibunuh oleh beberapa pria. Mayat Maryam kemudian dibuang ke bawah Jembatan Ancol, dan sejak saat itu, hantunya sering menampakkan diri di jembatan tersebut.

Menurut cerita, Maryam adalah seorang gadis yang cantik dan baik hati. Ia tinggal bersama ibunya di sebuah paviliun yang dimiliki oleh seorang juragan kaya. Suatu hari, Maryam diperkosa oleh sekelompok pria yang sedang mabuk. Maryam berusaha melawan, tetapi ia kalah dan akhirnya tewas.Mayat Maryam kemudian dibuang ke bawah Jembatan Ancol.

Sejak saat itu, Maryam dikabarkan sering menampakkan diri di jembatan tersebut. Ia sering menampakkan diri sebagai sosok wanita cantik dengan rambut panjang yang terurai. Ia juga sering meminta pertolongan kepada orang-orang yang lewat di jembatan tersebut.

Banyak orang yang percaya bahwa penampakan Maryam adalah bentuk balas dendamnya atas kematiannya yang tragis. Mereka percaya bahwa Maryam ingin menuntut keadilan atas apa yang telah terjadi padanya. Dari kejadian itulah, Si Manis Jemabtan Ancol merupakan salah satu cerita yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan cerita ini sampai diadaptasi menjadi berbagai macam media seperti film, sinetron, dan lagu.

 
  • Hantu Jeruk Purut
Ngeri !! Inilah 5 Legenda Paling Seram di Indonesia
Gambar 2. Hantu Jeruk Purut

Hantu Jeruk Purut juga merupakan salah satu legenda yang terkenal di Indonesia. Cerita ini mengisahkan tentang seorang pastor Belanda yang dibunuh oleh orang-orang Indonesia. Sejak saat itu, arwah pastor tersebut gentayangan di Pemakaman Jeruk Purut, dan sering menampakkan diri sebagai sosok hantu tanpa kepala.

Banyak orang yang percaya bahwa legenda Hantu Jeruk Purut benar-benar ada. Mereka mengaku pernah melihat hantu tersebut di Pemakaman Jeruk Purut. Beberapa orang bahkan mengaku telah diganggu oleh hantu tersebut.

 
  • Suster Ngesot
Ngeri !! Inilah 5 Legenda Paling Seram di Indonesia
Gambar 3. Suster Ngesot

Legenda Suster Ngesot adalah salah satu legenda urban paling populer di Indonesia. Suster Ngesot mengisahkan tentang seorang suster yang meninggal secara tidak wajar. Konon, suster tersebut diperkosa oleh seorang dokter dan kakinya dimutilasi. Sejak saat itu, arwah suster tersebut gentayangan di rumah sakit tempatnya bekerja, dan sering menampakkan diri sebagai sosok suster yang berjalan dengan posisi ngesot.

Suster Ngesot sering digambarkan sebagai sosok wanita berambut panjang, wajah pucat, dan mata merah. Hantu tersebut juga sering digambarkan mengenakan pakaian suster putih yang kotor dan lusuh. Suster Ngesot sering muncul di tempat-tempat yang sepi, seperti rumah sakit, panti jompo, atau kuburan. Hantu tersebut juga sering muncul di malam hari. Kemunculan Suster Ngesot sering dikaitkan dengan hal-hal yang buruk, seperti kematian, penyakit, atau kesialan.

 
  • Wewe Gombel
Ngeri !! Inilah 5 Legenda Paling Seram di Indonesia
Gambar 4. Wewe Gombel

Wewe Gombel adalah legenda hantu yang berasal dari Jawa. Wewe Gombel digambarkan sebagai sosok wanita tua yang memiliki payudara besar dan rambut panjang yang menutupi wajahnya. Wewe Gombel dipercaya suka menculik anak-anak, terutama anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya.

Menurut cerita rakyat, Wewe Gombel adalah roh jahat yang berasal dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri. Wanita tersebut disebut tidak bisa memberikan keturunan sehingga sang suami akhirnya selingkuh dengan wanita lain. Wanita tersebut merasa sakit hati dan depresi, kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Saat inipun, wewe Gombel sering digunakan untuk menakuti anak-anak agar mereka tidak berkeliaran di malam hari. Pada masa lalu, keadaan gelap gulita amat berbahaya karena hewan buas mungkin memasuki kawasan perkampungan dalam kegelapan malam.

 
  • Kuntilanak
Ngeri !! Inilah 5 Legenda Paling Seram di Indonesia
Gambar 5. Kuntilanak

Kuntilanak adalah salah satu legenda hantu yang paling terkenal di Indonesia. Kuntilanak dipercaya adalah hantu yang berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir (keguguran).

Dalam kepercayaan masyarakat Indonesia, kuntilanak sering menampakkan diri di malam hari, terutama di tempat-tempat yang sepi, seperti hutan, kuburan, atau rumah kosong. Kuntilanak biasanya digambarkan sebagai sosok wanita cantik dengan rambut panjang dan gaun putih panjang. Namun, jika diperhatikan lebih dekat, kuntilanak sebenarnya memiliki wajah yang pucat dan mata yang merah menyala.

Kuntilanak dipercaya suka mengganggu manusia, terutama pria. Kuntilanak sering menggoda pria dengan kecantikannya, kemudian menyerang mereka. Kuntilanak juga dipercaya suka memakan bayi.

Legenda tersebut sampai kini masih dipercaya oleh banyak orang di Indonesia. Bahkan, beberapa orang mengaku pernah mengalami kejadian mistis yang berhubungan dengan legenda tersebut.

 

Berikut adalah beberapa cerita tambahan yang membuat legenda-legenda tersebut semakin menyeramkan:

  • Si Manis Jembatan Ancol konon sering menampakkan diri pada malam hari, terutama pada malam Jumat Kliwon. Konon, jika seseorang melihat Si Manis Jembatan Ancol, maka orang tersebut akan mengalami kesialan.
  • Hantu Jeruk Purut konon sering menampakkan diri pada malam hari, terutama pada malam bulan purnama. Konon, jika seseorang melihat Hantu Jeruk Purut, maka orang tersebut akan menjadi gila.
  • Suster Ngesot konon sering menampakkan diri di kamar mandi. Konon, jika seseorang melihat Suster Ngesot di kamar mandi, maka orang tersebut akan meninggal secara tragis.
  • Wewe Gombel konon sering menampakkan diri di hutan. Konon, jika seseorang melihat Wewe Gombel di hutan, maka orang tersebut akan tersesat dan tidak akan pernah bisa kembali.
  • Kuntilanak konon sering menampakkan diri di pohon-pohon besar. Konon, jika seseorang melihat Kuntilanak di pohon, maka orang tersebut akan meninggal dalam waktu 7 hari.

Tentu saja, kebenaran dari cerita di atas masih menjadi misteri. Namun, cerita-cerita tersebut tetap saja menjadi bagian dari budaya Indonesia, dan selalu menjadi bahan perbincangan yang menarik. Baca juga artikel lainnya yang membahas cerita legenda yang ada di indonesia hanya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *