Terbang ke Alam Baka: Mengungkap Tragedi Menghebohkan Menghilangnya Pesawat MH370
  Sebuah pesawat komersial Malaysia Airline dengan nomor penerbangan 370 menghilang secara misterius saat melakukan penerbangan dari Kuala Lumpur Malaysia menuju Beijing China, pesawat MH370 terseebut kehilangan kontak sekitar 1 jam setelah lepas landas dan hingga hari ini tidak ada yang tau pasti apa yang terjadi pada pesawat tersebut dan 239 penumpang beserta awak kabinnya. Kali ini, kita akan membahas tragedi dan beberapa teori konspirasi terkait yang telah menjadi topik pembicaraan di masyarakat.   Malaysia Airlines MH370 atau mungkin lebih dikenal dengan nama MH370. Melakukan penerbangan internasional menggunakan pesawat Boeing 777-200ER. Penerbangan ini membawa 239 penumpang termasuk 12 awak kabin. Pesawat ini diterbangkan oleh seorang pilot yang sudah berpengalaman  berusia 53 tahun yaitu Kapten Zahari Ahmad Syah yang sudah bekerja untuk Malaysia Airlines sejak tahun 1981. Kapten Zahari merupakan seseorang yang sangat mencintai dunia penerbangan, bahkan dia membangun simulator penerbangan sendiri di rumahnya. Pada penerbangan tersebut Kapten Zahari ditemani oleh seorang co-pilot bernama Fariq Abdul Hamid yang baru berusia 27 tahun.  

Kronologi Hilangnya MH370

  Pada 8 Maret 2014, pesawat MH370 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur menuju Beijing Capital International Airport di China, dan diperkirakan akan sampai di Beijing pada  pukul 06:30 pagi. Sekitar 49 menit setelah lepas landas MH370 terdeteksi memasuki wilayah udara vietnam, tepatnya di kawasan Laut Cina Selatan diantara Malaysia dan Vietnam.   Melalui kontak suara ATC yang ada di Malaysia pengawas lalu lintas udara memberikan intruksi kepada pilot  MH370 untuk menghubungi ATC berikutnya di Vietnam. 2 menit setelah intruksi tersebut koneksi dari MH370 terputus dan transponder pesawat pun berhenti berfungsi sehingga pesawat hilang dari radar sekunder ATC. Karena hilang dari Radar akhirnya pesawat pun dilacak menggunakan Radar militer Malaysia dan diketahui diwaktu pesawat tersebut menghilang sekitar pukul 01:21, ternyata berubah haluan dari rute penerbangannya.   MH370 tiba- tiba berbelok tajam ke kiri masuk kembali ke wilayah udara Malaysia kemudian terbang di atas Kota Pinang sampai akhirnya berbelok ke kanan melintasi Laut Andaman yang berbatasan dengan samudra Hindia. pada pukul 02.22 Radar militer Malaysia tidak bisa lagi mendeteksi keberadaan pesawat MH370 ini, bahkan di radar manapun di negara-negara sekitar Malaysia tidak mendeteksi keberadaan pesawat persebut.   Sekitar pukul 07:24 pihak Malaysia Airline mengeluarkan pernyataan pers bahwa mereka kehilangan kotak dengan pesawat mereka. Setelah pernyataan tersebut dikeluarkan, pihak pemerintah Malaysia langsung melakukan pencarian dengan mengerahkan sebanyak 40 pesawat dan lebih dari 24 kapal dari berbagai negara termasuk Thailand Australia dan China dikerahkan untuk mencari pesawat MH370.   Setelah sekitar 515 hari setelah dimulainya pencarian yaitu pada 29 Juli 2015, ditemukan sebuah puing pesawat dipulau Reunion sebuah pulau kecil di Samudra Hindia. Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui bahwa puing yang ditemukan tersebut adalah bagian sayap dari pesawat MH370.   Pihak maskapai dan pemerintah Malaysia kemudian memberikan pernyataan resmi bahwa pesawat MH370 jatuh ke suatu tempat di Samudra Hindia dengan alasan yang tidak diketahui. Sebanyak 239 penumpang beserta awak kabin dianggap meninggal dunia dan pencarianpun terus dilakukan. Setelah hampir 3 tahun pencarian yang dilakukan, tepatnya pada 17 januari 2017 pencarian pesawat MH370 pun dihentikan dan hanya akan dilanjutkan kembali jika ditemukan sebuah bukti yang signifikan.   8 tahun setelah menghilangnya pesawat MH370 pada nopember 2022, seorang nelayan di daerah Madagaskar melaporkan penemuan satu puing dari pesawat MH370. Ternyata ouing tersebut sudah ditemukan sejak 2017, tetapi dia tidak mengetahui bahwa yang dia temukan tersebut adalah puing dari pesawat MH370 dan mengira hanya rongsokan. Meskipun beberapa puing sudah ditemukan, sampai sekarang masih belum diketahui pasti apa yang terjadi pada pesawat MH370.

Teori Konspirasi dan Fakta-fakta Terkait

Tragedi hilangnya pesawat MH370 memunculkan berbagai teori konspirasi yang mencoba menjelaskan apa yang terjadi pada pesawa tersebut. Berikut beberapa teori konspirasi yang pernah diperbincangkan:  

1.  Kebakaran kokpit

pesawat mh370
  Teori yang pertama diutarakan oleh seorang pilot bernama chris goodfellow yang percaya bahwa kokpit pesawat MH370 mengalami kebakaran dan akhirnya memaksa pilot berbalik arah untuk menemukan bandara terdekat yang mana bandara terdekat adalah sebuah bandara kecil di pulau lengkawi.   Ia mengatakan alasan kenapa komunikasi dengan pilot tiba-tiba terputus karena mungkin sang pilot sedang fokus untuk menyelamatkan pesawat. Chris menambahkan ada juga kemungkinan bahwa pilot pingsan bahkan meninggal karena menghirup asap dan kemudian pesawat terus terbang tanpa arah yang jelas hingga akhirnya kehabisan bahan bakar lalu terjatuh. Banyak orang yang menganggap teori tersebut masuk akal, namun belum ada bukti kuat yang dapat mendukung teori tersebut.    

2. Operasi Rahasia Rusia

download 5     Teori ini adalah hipotesis dari seorang jurnalis bidang aviasi bernama Jeff Wise yang menduga bahwa tragedi jatuhnya pesawat MH370 disebabkan oleh pihak lain yang berusaha mencuri pesawat tersebut. Pihak lain yang dikatakan Jeff adalah pemerintah Rusia. Alasan dari tuduhan tersebut adalah karena suatu hari sebelum menghilangnya pesawat tersebut yaitu pada 6 maret 2014 Amerika memberikan sanksi ekonomi kepada Rusia atas tindakannya kepada Ukraina. dan karena sanksi tersebut menteri luar negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa snksi tersebut pasti akan memukul Amerika Serikat seperti boomerang. Dan 2 hari setelah dijatuhkannya snksi tersebut Pesawat MH370 menghilang.     Alasan lain yang meyakinkan Jeff adalah saat MH370 menghilang pemerintah Malaysia meminta semua negara yang memiliki orang yang ada di MH370 untuk  melakukan pemeriksaan latar belakang pada semua penumpang yang ada dan diketahui bahwa semua negara setuju kecuali Rusia dan Ukraina. Diketahui juga bahwa penumpang dari Rusia duduk di kelas 1 yang mana berada dibagian depan dan dekat dengan ruang elektronik tempat komunikasi pesawat dengan satelit. Jadi teori ini menduga bahwa penumpang Rusia tersebut dikirim untuk meretas ruang elektronik dan akhirnya pesawat tersebut berhasil dikendalikan oleh si penumpang lalu hilang dari radar karena diterbangkan jauh ke utara diduga jatuh dikazakta negara sekutunya berdasar pada data yang ditangkap satelit     Pemerintah Malaysia pun melakukan pencarian internasional termasuk di daerah Kazakhstan. Perdana menteri Malaysia secara pribadi meminta izin kepada presiden Kazakhstan untuk mencari pesawat MH370 di daerah Kazakhstan, namun permintaan tersebut tidak pernah direspon. Selain itu, teori lain mengatakan bahwa presiden Rusia Rusia Vladimir Putin sebenarnya tahu lokasinya MH370 hanya beberapa jam setelah pesawat itu menghilang. Akhirnya seorang direktur investigasi dari Unicorn R space itu percaya bahwa pemerintah Rusia itu sebenarnya mengetahui persis di mana pesawat itu jatuh karena informasi tersebut tertangkap oleh satelit mata-mata Rusia. Alasan Rusia tidak mau ikut campur karena akan mengungkap bahwa mereka punya satelit tersebut.    

3. Di Tembak Jatuh Militer Amerika Serikat

download 6     Teori ini diutarakan oleh Marc Dugain seorang mantan direktur Proteus Airline yang mengatakan bahwa pesawat MH370 ditembak jatuh oleh pihak militer Amerika Serikat. Penembakan ini dilakukan adalah untuk menghindari pesawat MH370 menabrak pangkalan militer milik Amerika Serikat yang berada di Pulau Diego Garcia. Teori ini tidak membahas alasan kenapa Pesawat MH370 memutar keluar dari rutenya tapi hanya membahas setelah pesawat tersebut memutar dan akhirnya mengarah ke pangkalan militer Amerika Serikat.    

4. Pilot Kapten Zahari Menerbangkan Pesawat MH370 ke Samudra Hindia

download 7     Teori yang terakhir dan paling populer adalah pesawat MH370 sengaja dijatuhkan oleh sang pilot yaitu Kapten Zahari Ahmad Syah. Alasan munculnya teori ini adalah dari masalah pribadi kapten Zahari. Menurut orang-orang sekitar yang mengenalnya seprti teman-temannya Kapten Zahari memang sedang tidak baik-baik saja karena pernikahannya sedang retak. Hal tersebut didukung oleh fakta bahwa diketahui, sebelum insiden hilangnya Pesawat MH370 Kapten Zahari menggunakan facebook untuk berkomunikasi dengan model terkenal Malaysia yang usianya jauh lebih muda darinya.     Dan hal lain yang semakin meyakinkan dari teori ini adalah pergerakan aneh dari Pesawat MH370 di atas langit wilayah Penang Malaysia. Diketahui bahwa Penang adalah kampung halaman dari sang kapten, dan menurut Kapten Simon Hardy seorang pilot senior pesawat Boeing 777. Pergerakan aneh di langit Penang tersebut mungkin adalah bentuk perpisahan terakhir kapten Zahari dengan kampung halamannya. Beberapa ahli penerbangan juga menduga bahwa Kapten Zahari dengan sengaja mematikan alat-alat komunikasi yang ada di pesawat dan membuat seolah pesawat tersebut hilang. Tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airline MH370 menjadi salah satu misteri yang paling mengejutkan dalam sejarah penerbangan. Meskipuntelah berlalu bertahun-tahun, banyak pertanyaan yang masih belum terjawab. Dan hingga saat, ini kita masih harus menunggu jawaban akhir dari misteri hilangnya MH370.