Mitologi 12 Zodiak yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Zodiak tentu sudah tidak asing terdengar di telinga kita semua. Ada yang mempercayainya atau bahkan tidak, atau sebagian yang lainnya lebih memilih untuk menganggapnya sebagai hiburan semata. Kata zodiak berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Zodiakos kyklos” yang berarti lingkaran hewan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), zodiak adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi 12 tanda perbintangan. Ke-12 rasi bintang ini disebut-berasal dari cerita mitologi Bangsa Yunani dan digunakan untuk menyusun kalender zodiak dan kalender penanggalan Bangsa Yunani.  

Zodiak Capricorn (22 Desember – 20 Januari)

zodiak capricorn
visualisasi zodiak capricorn
Zodiak Capricorn melambangkan kelahiran dan pemeliharaan dewa Yunani, Zeus. Rhea, ibu Zeus, takut ketika suaminya, Cronus, akan melahap anaknya. Oleh karena itu, Rhea membawa dan mengamankan Zeus ke Gunung Dicte. Selama hidup di Gunung Dicte, Zeus dirawat oleh Amaltheia, peri kambing. Ketika Zeus telah menjadi dewa langit, dia memberikan penghormatannya kepada Amaltheia dengan menempatkan citranya di antara bintang-bintang di konstelasi Capricorn. Capricorn memiliki visual kepala dan tubuh kambing dengan ekor ikan. Hal ini dikarenakan dalam versi lain mitologi ini, dewa mitologi Pan terjun ke air dan mengubah bentuk kambingnya menjadi setengah ikan demi menghindar dari serangan monster Typhon.  

Zodiak Aquarius (21 Januari – 19 Februari)

zodiak aquarius
visualisasi zodiak aquarius
Dinamai oleh Ganymede, konstelasi Aquarius menunjukkan visual seseorang pria yang sedang menuangkan air dari kendi. Dalam mitologi Yunani, Ganymede adalah anak laki-laki Tros yang namanya diambil dari sebuah kota terkenal, Troy. Di versi lain, Ganymede juga merupakan seorang pemuda Frigia yang tampan, putra Tros dari Raja Troy. Zeus dan dewa Olympus lainnya terpesona oleh penampilan cantik dan tampan Ganymede, jadi Zeus terbang turun sebagai elang, menjemput, dan membawa Ganymede ke Olympus ketika Ia sedang menggembala ternak milik ayahnya. Zeus menjadikan Ganymede sebagai juru minuman pribadinya. Sebagai juru minuman, Ganymede bertanggung jawab untuk membawa nektar ke Olympians, para petinggi Olympus. Zeus menghormati Ganymede dengan memberinya konstelasi bintang di antara langit dalam bentuk Aquarius.  

Zodiak Pisces (20 Februari – 20 Maret)

zodiak pisces
visualisasi zodiak pisces
Pisces menggambarkan visual dua ekor ikan yang saling berenang berlawanan arah dan merupakan representasi dari dewi Aphrodite. Untuk menyamarkan diri dari monster, Typhon, para dewa dan dewi mengambil dan menyerupai bentuk hewan yang ada di bumi. Aphrodite dan putranya, Eros, mengganti wujud mereka menjadi ikan kembar dan terjun ke dasar laut untuk menyelamatkan diri. Aphrodite menghormati ikan dengan memberi mereka konstelasi Pisces di langit malam.  

Zodiak Aries (21 Maret – 20 April)

zodiak aries
visualisasi zodiak aries
Aries memiliki visual berbentuk seekor domba jantan yang melambangkan mitos Yunani tentang Domba Emas. Bulu Domba Emas yang dicari dan diperoleh oleh Jason dan Argonauts. Zeus menempatkan bulu domba jantan emas ini di langit untuk dihormati sebagai konstelasi Aries. Dalam versi lain juga disebutkan bahwa Aries berasal dari Chrysomallus, seekor domba jantan yang bisa terbang. Chrysomallus berhasil menyelamatkan Phrixus dan Helle, anak-anak dari raja Boeotian Athamas.  

Zodiak Taurus (21 April – 21 Mei)

zodiak taurus
visualisasi zodiak taurus
Dalam mitos Yunani tentang Theseus dan Minotaur, Theseus harus mengalahkan makhluk berbentuk setengah banteng dan setengah manusia yang dikenal sebagai Minotaur. Monster ini tinggal di dalam labirin yang terletak di Kreta, dan orang-orang Athena akan ditumbalkan dan diberikan kepada Minotaur untuk dimakan sebagai persembahan. Dalam mitos ini, Theseus kemudian membunuh Minotaur dan menyelamatkan kota Kreta dari Raja Minos yang jahat. Dalam versi lain juga disebutkan bahwa visual banteng dipilih karena Zeus menyukai bentuk banteng dan menggunakan rupa banteng sebagai bentuk penjelmaannya sebagai binatang.  

Zodiak Gemini (22 Mei – 21 Juni)

zodiak gemini
visualisasi zodiak gemini
Gemini adalah lambang si kembar yang diwakili oleh saudara tiri Castor dan Polydeuces. Castor memiliki sifat yang tidak bermoral, sedangkan Polydeuces memiliki sifat yang fana. Karena ketidakterpisahan mereka, Castor dan Polydeuces dikenal sebagai Dioscuri. Dioscuri memiliki kemampuan untuk menenangkan lautan yang ganas, jadi Poseidon memberi mereka kemampuan dan tugas untuk membantu para pelaut yang sedang karam ketika mereka berdoa. Selama pertempuran, Castor terbunuh dikirim ke dunia bawah. Polydeuces patah hati karena saudaranya telah meninggal dan berdoa kepada Zeus untuk membuangnya ke dunia bawah juga. Namun Zeus malah mengundang Polydeuces untuk tinggal di Olympus untuk mengobati kesedihannya. Akan tetapi Polydeuces memilih untuk menolak dan menyatakan terlalu sulit untuk hidup tanpa saudaranya. Akhirnya Zeus memberikan Castor dan Polydeuces kesempatan untuk saling membagi waktu mereka bersama antara hidup di dunia bawah dan di Olympus. Mereka saling bergantian menghabiskan waktu di setiap hari antara setiap lokasi. Sebagai penghormatan terakhir kepada Dioscuri, Zeus menempatkan visual mereka di langit malam di konstelasi Gemini. Konstelasi yang terdiri dari dua bintang terang di antara gugusan bintang lainnya yang lebih lemah. Di versi lain, Gemini juga sering dikaitkan dengan polaritas Yang (maskulin) dalam konsep Tiongkok kuno, Yin Yang.  

Zodiak Cancer (22 Juni – 23 Juli)

zodiak cancer
visualisasi zodiak cancer
Konstelasi Cancer ditunjukkan oleh visual seekor kepiting. Kepiting muncul dalam mitologi Yunani selama persalinan kedua Hercules. Hercules diperintahkan untuk membunuh Lerna Hydra ketika seekor kepiting raksasa, yang diutus oleh Hera, menyerang Hercules selama aksi tersebut. Kepiting tersebut menancapkan cakarnya ke kaki Hercules. Hercules kemudian menggunakan kekuatannya yang besar untuk menginjak kepiting tersebut dan menghancurkannya sampai mati. Hera-lah sang pengutus yang memberi penghormatan kepada kepiting dengan menempatkan citranya di konstelasi Cancer di antara bintang-bintang di langit malam.  

Zodiak Leo (24 Juli – 23 Agustus)

zodiak leo
visualisasi zodiak leo
Melanjutkan 12 pekerjaan Hercules, konstelasi Leo memiliki visual seekor singa. Dalam persalinan pertamanya, Hercules diperintahkan untuk mengembalikan kulit Singa Nemea. Hercules mencekik seekor singa sampai mati, kemudian mengulitinya dan mengenakan kulit singa di punggungnya saat dia kembali dari pekerjaannya. Zeus menghormati singa tersebut dengan menempatkannya di langit di konstelasi Leo. Selain itu, singa juga merupakan simbol yang sangat penting dan dominan dalam mitologi Yunani. Hal ini dikarenakan singa melambangkan kerajaan dan kekuasaan. Orang Mesir kuno juga menyembah rasi bintang ini karena dianggap membawa kelimpahan.  

Zodiak Virgo (24 Agustus – 23 September)

zodiak virgo
visualisasi zodiak virgo
Kalender zodiak Yunani berjalan beriringan dan serentak dengan kalender Gregorian di negara belahan bumi utara. Titik ekuinoks musim gugur jatuh di sekitar tanggal 21 – 23 September. Virgo adalah simbol pergantian musim. Namun Virgo lebih utama melambangkan kematian di akhirat. Virgo mewakili seorang perawan, dan kisah Persephone yang keperawanannya dicuri. Hal itulah yang menjadi inspirasi dari konstelasi ini. Dalam versi lain,  Virgo disimbolkan sebagai seorang dewi kesuburan yang bernama Astraea (Ishtar Babylonia dan Asyur) atau gadis panen (Persephone Yunani dan lainnya).  

Zodiak Libra (24 September – 23 Oktober)

zodiak libra
visualisasi zodiak libra
Salah satu dewi dunia bawah yang kurang dikenal adalah Dike. Tangguh mewakili dan menegakkan keadilan melalui retribusi. Konstelasi Libra terletak di antara Virgo dan Scorpio dan melambangkan keadilan, kesetaraan, dan keseimbangan. Orang Yunani kuno menghormati keadilan, kesetaraan, dan keseimbangan yang diwakili Dike dengan memberi Libra tempat di langit malam. Visual Libra yang berbentuk timbangan yang dipegang oleh seorang perempuan. Perempuan tersebut adalah Astraea, dewi Romawi yang melambangkan keseimbangan dan keadilan.  

Zodiak Scorpio (24 Oktober – 22 November)

zodiak scorpio
visualisasi zodiak scorpio
Konstelasi Scorpio disimbolkan oleh visual kalajengking dan berasal dari mitos Yunani tentang Orion yang disengat kalajengking. Ada berbagai versi mengenai mitos tersebut. Salah satu versi menyatakan bahwa Gaia telah mengirim kalajengking untuk menyengat Orion karena kesal akan kesombongannya. Versi lain dari mitos tersebut mengklaim bahwa Orion mengejar tujuh saudara perempuan yang cantik. Salah satu saudari itu berteriak kepada Zeus untuk menyelamatkan mereka, dan Zeus mengubah para suster menjadi konstelasi Pleiades atau dikenal juga dengan Seven Sisters. Kemudian dia mengirim kalajengking untuk menyengat Orion. Konstelasi Scorpio dapat terlihat dan diatur sedemikian rupa di langit malam sehingga terlihat seperti sedang mengejar Orion. Legenda Yunani juga menceritakan bahwa kalajengking tersebut menyengat Orion hingga mati. Itulah mengapa ketika rasi bintang Orion tenggelam di langit barat, rasi bintang Scorpio muncul di langit timur.  

Zodiak Sagitarius (23 November – 21 Desember)

zodiak sagitarius
visualisasi zodiak sagitarius
Konstelasi Sagitarius ditempatkan oleh Centaur. Dalam mitologi Yunani, Centaur divisualisasikan oleh bentuk tubuh bagian atas dan berkepala manusia sementara tubuh bagian bawah berupa kuda. Chiron adalah salah satu Centaur yang paling terkenal, karena dia dianggap sebagai raja para Centaur. Chiron menjadi sasaran salah satu panah beracun milik Hercules, tetapi dia tidak akan mati. Namun dia merasakan sakit yang luar biasa akibat panah tersebut dan berdoa kepada Zeus untuk menghilangkan rasa sakitnya. Zeus memberi tahu Chiron bahwa dia akan menghilangkan rasa sakitnya jika Chiron memberikan kekuatan ketuhanannya kepada Prometheus. Chiron juga diceritakan sebagai sosok yang terpelajar dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Saking cerdasnya, Chiron berhasil membentuk jembatan penghubung antara Bumi dan Surga.
Demikian mitologi 12 zodiak yang mungkin belum kamu ketahui versi Conspiramyths. Semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan Anda. Jangan lupa tinggal komentar untuk membangun situs web ini menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

1 thought on “Mitologi 12 Zodiak yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *