Monster Mengerikan Dari Mitos H.P. Lovercraft Part1

Kalau membicarakan mitologi tidak seru rasanya, kalau kita tidak membahas makhluk-makhluk superior dan anehnya, dan makhluk superior yang dimaksud yang pastinya adalah para dewa sementara makhluk anehnya tentu para monster. Para monster yang ada pada setiap mitologi meskipun aneh dan menyeramkan pasti memiliki daya tariknya tersendiri yang bisa membuat kita penasaran monster-monster mengerikan seperti, Minotaur pada mitologi Yunani, Fenrir di mitologi Nordik, Apophis di mitologi mesir, dan Cthulhu monster mengerikan dari mitos Lovecraftian karya H.P. Lovecraft. Siapa sih H.P. Lovercraft?

Howard Phillips Lovecraft lahir pada tanggal 20 Agustus 1890 di Providence, Rhode Island, Amerika Serikat. Dia adalah seorang penulis sains, fantasi, dan fiksi horror, dan yang sangat terkenal karena ciptaannya tentang Cthulhu. Kebangkitan karya tulis Lovecraft dimulai pada tahun 1970-an dan dia saat ini dianggap sebagai salah satu penulis fiksi horror supranatural paling hebat pada abad ke-20. Lovecraft juga menginspirasi Batman, atau bisa dibilang kota Batman. Batman menempatkan para penjahat yang gila di Arkham Asylum. Arkham adalah nama kota fiksi yang diciptakan oleh H.P. Lovecraft sebagai latar untuk banyak ceritanya. Nah, tapi kali ini yang akan kita bahas adalah para monster-monster ciptaan Lovecraft dari karya tulisnya. Monster mengerikan apa saja itu?

Monster-monster di semesta Lovecraft ini dibagi menjadi beberapa kelompok, mereka disebut dewa-dewa  yang menguasai semesta ini, mereka adalah The Great Old Ones, Outer Gods dan Elder Gods, dan juga ada monster-monster mengerikan lainnya. Mari kita bahas yang pertama dulu ada The Great Old Ones.

Monster Mengerikan

THE GREAT OLD ONES

The Great Old Ones adalah entitas yang ada di dalam mitos Cthulhu, asal muasal mereka ini masih menjadi suatu misteri. Meskipun Outer God Lu-Kthu (Birth-womb of the Great Old Ones), diketahui memerlukan anggota baru dari ras ini. Tapi kebanyakan dari mereka ini adalah monster kolosal yang terbentuk dari jalinan alam semesta dan hampir mustahil untuk dihancurkan. Mereka punya pikiran yang proses berfikirannya itu tidak akan bisa dipahami oleh manusia. Mereka ini mampu mempengaruhi pikiran makhluk hidup bahkan ketika sedang tidur. Banyak dari The Great Old Ones yang dipuja sebagai dewa oleh manusia maupun makhluk semesta lainnya.

Monster Mengerikan The Great Old Ones
Monster Mengerikan Para The Great Old Ones

Aktifitas The Great Old Ones hanya terbatas pada dunia tempat mereka tinggal, hanya sedikit yang mampu memperluas jangkauannya dengan melintasi ruang angkasa ke planet-planet yang mengorbit bintang lain. Di masa lalu para The Great Old Ones dan pelayan mereka yang tak terhitung jumlahnya berperang melawan dewa yang dikenal sebagai The Elder Gods, dan pada akhirnya dikalahkan oleh para Elder Gods ini.

The Great Old Ones yang dikalahkan tidak dihancurkan atau dibunuh, melainkan disegel oleh kekuatan batu bintang Elder Gods, sekarang sebagian besar dari mereka ini berada dalam keadaan tersegel di berbagai lokasi yang tidak dapat diakses di seluruh alam semesta. Tapi beberapa dari mereka sudah melarikan diri dari tempat mereka tersegel, dan saat mereka sedang berusaha untuk membebaskan ras mereka yang lain, dalam upaya untuk berperang sekali lagi dengan Elder Gods,mereka-mereka yang termasuk The Great Old Ones adalah Cthulhu, Cthylla dan Y'Golonac.

 

Cthulhu

What's the Difference Between Lovecraft's Outer Gods and Great Old Ones? | Tales of Geekdom
Monster Mengerikan The Great Old One's "Cthulhu"

Cthulhu ini digambarkan sebagai perwujudan dari kekacauan dan kehancuran, makhluk yang sangat mengerikan dan besar, kepala dan wajahnya seperti gurita dengan banyak tentakel, badannya seperti manusia raksasa, dia juga memiliki sayap seperti sayap naga, tubuhnya berwarna hijau, dan berlendir suara geramannya sangat luarbiasa kencang sampai  bisa membuat siapapun pingsan. Cthulhu ini digambarkan oleh beberapa pemujanya sebagai Pendeta Agung atau The Great Priest of The Great Old Ones yang hidup berabad-abad sebelum adanya manusia dan yang datang ke bumi dari luar angkasa.

 

Cythylla

Cythylla ini digambarkan seperti makhluk besar mirip gurita dengan enam mata, sayap, cakar setajam silet, dan berwarna merah. Cythylla memiliki kemampuan untuk mengubah bentuk tubuhnya sampai tingkat tertentu, menarik kembali sebagian tentakelnya atau seluruh tentakelnya atau mengeluarkan tentakel tambahan dan memperbesar sayapnya agar memungkinkan untuk terbang. Anak bungsu dari keturunan Cthulhu dan Idh-Yaa, Cythylla ini dilahirkan di Planet Xoth bersama dengan saudara-saudara yang lain yaitu Ghatanothoa, Ythogtha, dan Zoth-Ommog.

Cthylla | Lovecraftian Science
Monster Mengerikan The Great Old One's "Cythylla"

Namun kemudian mereka melakukan perjalanan ke bumi bersama keluarganya, dimana dia sekarang tempat tinggalnya dijaga ketat. Dalam ceritanya sang ayah atau Cthulhu menyadari bahwa dia akan dihancurkan atau dibunuh suatu saat nanti di masa depan, dan sebagai bagian dari rencananya, dia memilih Cythylla yang akan menjadi makhluk yang akan melahirkannya kembali. Oleh karena itu, Cythylla sangat penting dalam rencana besarnya. Sehingga Cthulhu telah menugaskan Deep One yang tak terhitung jumlahnya untuk melindungi Cythylla. Cythylla juga digambarkan sebagai makhluk yang lebih mirip manusia yang disiapkan sebagai calon pengantin untuk Hastur saudara tiri Cthulhu.

 

Y’Golonac

Y'Golonac atau The Defiler God adalah dewa kejahatan dan sadisme, yang senang menyiksa manusia, Y'Golonac melakukan banyak sekali kejahatan yang hampir tidak bisa dipahami oleh imajinasi dan persepsi manusia. Tindakannya ini melampaui batas pemahaman manusia, Y'Golonac ini mengambil bentuk fisik manusia dengan cara merasuki tubuh manusia, dia ini berwujud sebagai pria gemuk tanpa kepala atau leher,  dengan mulut di telapak tangannya. Y'Golonac ini mencari manusia yang memiliki selera buruk yang sama sepertinya untuk dijadikan pelayannya.

Y'golonac by Onychuk | Cthulhu, Lovecraftian, Lovecraft
Monster Mengerikan The Great Old One's "Y'Golonac"

Dengan cara mendatangi mereka disaat mereka sedang membaca literatur atau buku terlarang, atau dengan mengucapkan namanya dari teks okultisme The Revelations of Gla'aki. Setelah dipanggil, dia akan menawarkan pemanggilnya ke Priesthood nya hanya untuk memakan manusia itu untuk meredakan rasa lapar abadinya. Wujud aslinya Y'Golonac ini tersegel dibalik dinding batu bata, jauh di dalam reruntuhan kuno di bawah bumi.

 

Nah itu tadi para monster mengerikan para The Great Old Ones dari mitos Lovecraftian sangat mengerikan bukan? Kita akan bahas para monster mengerikan lainnya dari Lovecraftian karya H.P. Lovercraft di postingan selanjutnya disini, dan baca juga postingan menarik lainnya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *