8 Tempat Wisata Angker di Indonesia yang Penuh dengan Cerita Mistis

Hal-hal mistis sudah sangat melekat di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan tak sedikit tempat-tempat angker yang berhasil menyita perhatian pengunjung domestik maupun internasional. Buat kalian yang ingin mendatangi tempat-tempat di Indonesia dengan suasana horor dan mencekam, simak di bawah ini. Inilah beberapa kisah tempat mistis dan angker yang bakal membuat diri kita merinding sekaligus penasaran.

 

Cerita Mistis : Lawang Sewu

undefined

 

Destinasi wisata yang cukup terkenal di Semarang ini merupakan bangunan tua bersejarah yang memiliki keunikan dan cerita khas di dalamnya. Bangunan ini merupakan sebuah peninggalan di masa penjajahan Belanda yang berdiri sejak tahun 1904 dengan ciri khas pintu yang berjumlah 429 dengan jumlah daun pintu sekitar 1200.

 

Lawang Sewu pada awalnya digunakan sebagai Kantor Pusat sebuah  perusahaan kereta api swasta. Tak hanya itu, rupanya bangunan ini menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa pertempuran lima hari antara Angkatan Muda Kereta Api ( AMKA ) dengan tentara Jepang yang berlangsung pada tahun 1945.

 

Selain itu, Lawang Sewu juga digunakan sebagai obyek wisata dengan fasilitas berupa peninggalan sejarah arsitektur bangunan kuno dan antik. Di dalamnya terdapat simpanan banyak koleksi kereta api di Indoneisa dari waktu ke waktu. Apabila anda memasuki area Lawang Sewu, siap-siap anda akan disuguhi suasana dingin yang cukup mencekam. Yang mana telah dikabarkan bahwa penjara bawah tanah merupakan satu dari sekian banyak tempat paling angker yang telah ada di sana.

 

Cerita Mistis : Desa Trunyan

 

Desa Terunyan atau Trunyan Bali

 

Desa Trunyan merupakan sebuah desa yang berlokasi di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Desa Trunyan kerap dikunjungi karena suasananya yang angker. Apabila telah memasuki tempat ini, kamun jangan kaget kalau melihat banyak tengkorak manusia yang berserakan.

 

Desa Trunyan memiliki tradisi pemakaman yang dinamakan Mepasah. Artinya, warga desa tidak mengubur jasad orang meninggal, tapi membiarkannya membusuk di atas tanah dangkal berupa cekungan panjang di bawah pohon Taru Menyan. Namun pohon itulah yang nantinya akan menghilangkan bau busuk jenazah yang berada di sana.

 

Desa Trunyan memiliki 3 jenis kuburan yang diperuntukkan bagi 3 jenis kematian yang berbeda. Untuk yang pertama itu diperuntukkan bagi seorang warga trunyan yang meninggal secara wajar, telah menikah,  dan anggota  tubuhnya masih lengkap maka dimakamkan di Sema Wayah. Yang kedua, diperuntukkan untuk seseorang yang meninggalnya tidak wajar seperti halnya bunuh diri, kecelakaan, atau dibunuh maka mayatnya akan dimakamkan di Sema Bantas. Untuk yang terakhir yaitu diperuntukkan bagi seorang bayi, anak kecil atau orang dewasa yang belum menikah maka dimakamkan di Sema Muda.

 

Cerita Mistis : Benteng Rotterdam

 

undefined

 

Satu lagi peninggalan kolonial Belanda yang bernuansa angker dan memiliki hal mistis yaitu Benteng Rotterdam. Fort Rotterdam dibangun pada 1545 oleh Raja Gowa IX yang bernama Tunipalangga. Karena usianya bangunan yang sangat tua, masyarakat sekitar menganggapnya sebagai salah satu tempat angker di Indonesia.

 

Ditambah lagi bangunan ini sempat menjadi tempat pembantaian di masa perebutan kekuasaan oleh orang-orang Gowa terhadap Belanda. Banyak orang yang gugur karena perlawanan itu, sehingga tempat ini menjadi angker. Konon, arwah orang orang tersebut yang membuat benteng ini penuh dengan aura mistis. Banyak dari pengunjung yang pernah melihat sosok gaib di benteng ini atau hanya sekedar merasakan aura mistisnya.

 

Meski dikenal akan sejarah dan mistisnya, benteng ini  tetap menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Makassar. Tak hanya itu, benteng ini juga memiliki view yang cukup bagus di karenakan posisi benteng yang menghadap ke pelabuhan.

 

Cerita Mistis : Gunung Kawi

 

undefined

 

Tempat angker ini berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung Kawi dianggap angker karena kabarnya sering digunakan sebagai tempat pesugihan. Selain digunakan sebagai tempat ritual pesugihan, tempat ini juga sering digunakan masyarakat sekitar untuk menggelar acara kirab. Acara ini dilakukan dengan cara menggunakan pakaian adat Jawa berwarna hitam tanpa mengenakan alas kaki dan membawa sesaji sebagai persembahan. Tak hanya itu saja, masih banyak cerita mistis yang terkait dengan gunung tersebut. Salah satunya, penampakan sosok astral yang sering ditemui para pendaki atau terdapat petilasan kuno di sana.

 

Cerita Mistis : Taman Festival Sanur

 

Cerita dan Misteri Tentang Taman Festival Padang Galak

 

Taman Festival Sanur adalah sebuah taman hiburan terbengkalai yang terletak di Sanur, Bali, Indonesia. Taman ini dibangun oleh pemerintah Indonesia dan investor kaya lebih dari dua dekade yang lalu dengan tujuan menjadi pusat wisata dan menempatkan Sanur sebagai jalur wisata. Ketika kamu berwisata ke Bali, mungkin akan terdengar cerita mistis tentang Taman Festival Sanur. Suasananya yang cukup  mencekam semakin terlihat setelah taman festival tersebut terbengkalai. Berbagai wahana telah rusak, semak belukar tumbuh liar di mana-mana, serta berbagai coretan dan graffiti yang membuat taman ini berkesan angker.

 

Cerita Mistis : Benteng Vredeburg

 

undefined

 

Tak hanya Fort Rotterdam, Benteng Vredeburg di Yogyakarta juga dianggap sebagai salah satu tempat angker di Indonesia. Sudah ada sejak 1760, benteng ini dibangun untuk menjaga keamanan keraton Yogyakarta dan sekitarnya.

 

Konon banyak cerita mistis yang beredar. Salah satu yang populer adalah penampakan hantu perempuan Belanda berkaki kuda yang kerap dilihat oleh para wisatawan dan pengemudi becak saat tengah malam. Selain itu, terdapat juga kisah mistis tentara Belanda tanpa kepala. Konon katanya, beberapa kali terdapat penampakan sekelompok tentara tanpa kepala yang sedang berbaris di area benteng ini. Meskipun di kenal akan sejarah dan mistisnya, benteng Vredeburg adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

 

Cerita Mistis : Gunung Lawu

 

Cerita Mistis Gunung Lawu yang Membuat Merinding para ...

 

Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain dikenal sebagai obyek wisata pendakian, Gunung Lawu juga  dipercaya menyimpan banyak  cerita mistis yang bikin merinding. Mulai dari menghilangnya Prabu Brawijaya V, raja terakhir Kerajaan Majapahit sampai adanya Pasar Dieng alias Pasar Setan.

 

Katanya banyak pendaki yang mendengar suara keramaian pasar di Gunung Lawu. Padahal suasana sedang sepi. Maka dari itu, jangan kaget apabila mendengar suara sayup sayup yang cukup ramai seperti di pasar. Dan jangan sekali kali menerima atau membeli barang yang ditawarkan oleh orang orang yang kalian temui di sekitar lereng gunung. Karena biasanya penjual tersebut bukanlah seorang manusia, akan tetapi makhluk gaib penghuni pasar setan.

 

Cerita Mistis : Gunung Arjuno

 

Misteri Gunung Arjuno

 

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung berapi kerucut yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Gunung Arjuno dinilai angker karena memiliki hutan keramat bernama Alas Lali Jiwo. Di dalam hutan itu terdapat arca peninggalan Kerajaan Majapahit yang sebagian ditutupi oleh kain putih.

 

Panorama keindahan alam Gunung Arjuno ini tidak perlu ditanyakan kembali. Namun tak lepas dari pemandangan alam yang indah, ternyata Gunung Arjuno juga dipercaya memiliki banyak cerita mistis. Dapat kita lihat dari segi kalangan pendaki yaitu terkadang pendaki dibuat linglung atau tersesat tanpa alasan. Tak hanya itu, ada juga mitos beredar bahwa pendaki dilarang mengenakan pakaian berwarna merah kalau tidak ingin tertimpa sial. Para pendaki juga tidak boleh ganjil, konon katanya jika jumlah pendaki ganjil maka akan ada makhluk gaib yang akan menggenapkan jumlah tim pendaki tersebut.

 

Itulah beberapa tempat angker yang ada di indonesia yang penuh dengan cerita mistisnya. Masih banyak sekali tempat-tempat angker yang belum kita bahas semuanya. Semoga artikel ini dapat membantu rasa penasaran anda mengenai tempat angker yang penuh dengan cerita mistis. Baca juga artikelnya lainnya di sini....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *